Notification

×

Iklan

Belasungkawa Wafatnya Shinzo Abe, Ketua DPRD Sumut Sambangi Konjen Jepang di Medan

Senin, 11 Juli 2022 | 16:30 WIB Last Updated 2022-07-12T02:53:46Z
Belasungkawa wafatnya Shinzo Abe, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting menyambangi Konjen Jepang di Medan.
MEDAN (Kliik.id) - Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut) Baskami Ginting menyambangi perpustakaan Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang, Sinar Mas Land Plaza lantai 5, Jalan Diponegoro, Kota Medan.

Kedatangan Baskami yakni menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe.

Pantauan, Senin (11/7/2022), Baskami datang dengan mengenakan kemeja merah berlogo PDI Perjuangan. Baskami menulis ucapan duka cita di buku hitam yang sudah disiapkan Konjen Jepang. Ia juga mengucapkan salam kepada Konjen Jepang yang ada di lokasi.

"Pertama tama kami sangat terkejut atas peristiwa yang menimpa Shinzo Abe. Kita ketahui selama ini hubungan Jepang dengan Indonesia sangat baik. Oleh karena itu, respons DPRD Sumut mengungkapkan duka cita sedalam-dalamnya," katanya.

Baskami menyampaikan keprihatinannya yang sangat mendalam.

"Kita sangat prihatin dengan kejadian ini. Ya kita juga ingin hubungan dengan Jepang tetap baik. Sebenarnya, kita dengan Jepang sudah seperti kakak adik. Ini lah yang kita tingkatkan terus," katanya.

Baskami mengungkapkan sebelumnya pihaknya menerima kunjungan Konjen Jepang Mr Takonai Susumu.

"Kami bersepakat untuk meningkatkan kerjasama budaya dan peningkatan sumber daya manusia di Sumatera Utara," jelasnya.

Diketahui, pengisian buku ucapan duka cita dibuka Konjen Jepang untuk warga Medan selama dua hari, yakni hari ini dan besok, Selasa (12/7/2022).

"Setelah kami mendapat informasi bahwa mantan Perdana Menteri Shinzo Abe meninggal. Kami membuka ruang kepada warga Sumut yang ingin menulis buku duka cita di kantor ini," kata Konjen Jepang di Medan Takonai Susumu.

Selain mengisi buku duka cita, warga juga diizinkan untuk mengirim karangan bunga ke kantor itu. Takonai menjelaskan, selama Shinzo Abe menjabat, beberapa kali pernah berkunjung ke Indonesia dan bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

Menurut Takonai, hubungan kedua negara sangat baik. Shinzo Abe juga menyambut kedatangan Jokowi ke Jepang. (Rls)
×
Berita Terbaru Update