Notification

×

Iklan

Regal Springs Indonesia Sosisalisasi Keselamatan Lalu Lintas Sungai dan Danau serta sertifikasi kepada 50 orang nakhoda kapal di Ajibata

Sabtu, 21 Mei 2022 | 19:48 WIB Last Updated 2022-05-21T17:07:11Z



Toba – Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan keahlian dan kemampuan dari nakhoda kapal dan memenuhi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM.52 Tahun 2012 Tentang Alur Sungai dan Danau dan Peraturan Direktorat Jenderal Pehubungan Darat Nomor KP 3424/AP.402/DRJD/2020, Regal Springs Indonesia bekerjasama dengan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Sumatera Utara mengadakan kegiatan Sosisalisasi Keselamatan Lalu Lintas Sungai dan Danau serta sertifikasi kepada 50 orang nakhoda kapal di Pelabuhan Ihan Batak, Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada Sabtu (21/5/2022).

"Dalam menjalankan operasional kami di beberapa Kabupaten di Danau Toba, saat ini Regal Springs Indonesia memiliki lebih dari 42 unit kapal sebagai alat transportasi untuk mengangkut pakan, pengawas patroli dan kapal pengangkut karyawan menuju lokasi kerja yang dioperasikan sendiri maupun bermitra dengan operator kapal dengan sekitar 30 SDM (sumber daya manusia)nakhoda kapal. Tentunya untuk memenuhi persyaratan sesuai ketentuan, kepatuhan dalam mengoperasikan kapal, keselamatan berlayar serta untuk peningkatan skill para kru kapal, kami mendukung setiap upaya kolaboratif dengan setiap pemangku kepentingan di wilayah operasional Regal Springs Indonesia," ujar Donald William Mcintyre General Manager Farming Regal Springs Indonesia.

Adapun untuk materi pelatihan yang disampaikan mencakup sosialisasi Konstruksi Kapal, Sungai dan Danau, cara berlalu lintas, SAR Sistem, penegakan hukum kapal, tata cara penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) dan materi lainnya yang berhubungan dengan kelayakannya kapal Sungai dan Danau.

Hadir sebagai narasumber Koordinator Satuan Pelabuhan (Korsatpel) Dermaga Ajibata Rijaya Simarmata, Kepala Koordinator Basarnas Danau Toba Hisar Turnip, Kanit Polairud markas Danau Toba, AKP Dodi Gunawan dan narasumber lain dari BPTD Wilayah II Sumatera Utara.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat BPTD Wilayah II Sumatera Utara, Batara Pardede melalui Koosatpel Toba, Rijaya Simarmata mengatakan bahwa sejak Peraturan DirjenPehubungan Darat Nomor KP 3424/AP.402/DRJD/2020 ditetapkan dan sudah berjalan lebih dua tahun, hingga saat ini proses penerbitan kelengkapan adminstrasi dan juga pemeriksaan kelaikan kapal masih berjalan baik yang dilakukan oleh Direktorat TSDP maupun BPTD Wilayah II Sumatera Utara.

"Kegiatan sosialisasi adalah salah satu upaya kami untuk memastikan para peserta di sini dapat lebih memahami tentang keselamatan berlayar. Kolaborasi dari berbagai pihak tentunya sangat bermanfaaat dalam hal peningkatan kapasitas SDM," ujar Rijaya Simarmata.

Regal Springs Indonesia merupakan pelopor bisnis budidaya ikan secara bertanggung jawab di Indonesia dan merupakan salah satu perusahaan pangan yang memperkerjakan lebih dari 2,000 karyawan yang beroperasi sejak 1989.Tahun 2018, Regal Springs Indonesia meluncurkan program Tanggung jawab Sosial dan Keberlanjutan "KAMI PEDULI" yang berfokus pada tiga pillar; Lingkungan, Sosial dan Ekonomi. Ini adalah program berkelanjutan terpadu pertama untuk budi daya ikan berdaging putih dan produsen Tilapia. Dalam setiap operasinya, Regal Springs Indonesia selalu mengedepankan kelestarian lingkungan dan sumber daya alam. Hal ini terbukti dengan pencapaian Regal Springs Indonesia menjadi Produsen Tilapia pertama di dunia yang mengesahkan standar ASC dan GAA BAP untuk Produksi Tilapia yang bertanggung jawab.(AS) 
×
Berita Terbaru Update