Notification

×

Iklan

Banner Iklan DPRD Tebing Tinggi

Jokowi ke AS, Ma'ruf Amin Jadi Plt Presiden

Rabu, 11 Mei 2022 | 18:05 WIB Last Updated 2022-05-11T19:08:48Z
Jokowi dan Ma'ruf Amin.
JAKARTA (Kliik.id) - 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan keputusan presiden (keppres) yang mengatur tentang penugasan Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk menjalankan tugas sehari-hari presiden selama Jokowi kunjungan kerja di Amerika Serikat. Keppres dikeluarkan untuk menjaga lancarnya pelaksanaan pemerintahan.

Keppres Nomor 6 Tahun 2022 tentang Penugasan Wakil Presiden Melaksanakan Tugas Presiden itu diteken Jokowi pada 10 Mei 2022 sebagaimana salinannya dilihat detikcom, Rabu (11/5/2022). Keppres ini sehubungan dengan kunjungan kerja Jokowi ke AS selama 10-16 Mei.

"Bahwa sehubungan dengan pelaksanaan kunjungan kerja dan/atau kenegaraan Presiden ke Amerika Serikat pada tanggal 10 sampai dengan 16 Mei 2022, maka untuk menjaga lancarnya pelaksanaan pemerintahan dipandang perlu untuk menugaskan Wakil Presiden melaksanakan tugas sehari-hari Presiden selama berlangsungnya kunjungan tersebut," demikian bunyi pertimbangan keppres tersebut.

Ada empat diktum dalam Keppres penugasan Ma'ruf Amin menjalankan tugas sehari-hari presiden.

Berikut ini selengkapnya:

KESATU: Menugaskan Wakil Presiden untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan selama Presiden melaksanakan kunjungan kerja dan/atau kenegaraan ke Amerika Serikat pada tanggal 10 sampai dengan 16 Mei 2022 atau sampai dengan tanggal tiba kembali di tanah air.

KEDUA: Apabila dalam jangka waktu penugasan tersebut, perlu segera ditetapkan suatu kebijakan baru, maka Wakil Presiden sebagai pelaksana tugas Presiden wajib terlebih dahulu berkonsultasi dan meminta persetujuan Presiden.

KETIGA: Setelah Presiden berada kembali di tanah air, penugasan berakhir dan Wakil Presiden segera melaporkan pelaksanaan tugas tersebut kepada Presiden.

KEEMPAT: Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

(Detik)
×
Berita Terbaru Update