Notification

×

Iklan

Banner Iklan DPRD Tebing Tinggi

Berikut Tanggal Lebaran 2022 Versi Pemerintah, NU, dan Muhammadiyah

Minggu, 01 Mei 2022 | 10:38 WIB Last Updated 2022-05-01T04:01:45Z
Tim rukyatul hilal PC NU melakukan pemantauan "rukyatul hilal" di Balai Rukyat Bukit Condrodipo, Gresik, Jawa Timur, Kamis (14/6). Berdasarkan sidang isbat yang digelar di Kantor Kementerian Agama, Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1439 Hijriah jatuh pada Jumat, 15 Juni 2018. (Antara)
JAKARTA (Kliik.id) - 
Hari Raya Idulfitri sudah di depan mata, namun banyak orang masih bertanya-tanya kapan tepatnya tanggal lebaran 2022. Seperti diketahui, kebingungan tersebut muncul karena pemerintah dan Nahdatul Ulama (NU) memiliki metode perhitungan hilal yang berbeda dengan Muhammadiyah.

Lantas, kapan umat Islam merayakan hari kemenangan?

Muhammadiyah sudah jauh hari mengatakan 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada 2 Mei 2022. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal.

Dikutip web resmi Muhammadiyah, penetapan 1 Syawal 1443 H menggunakan hisab hakiki dengan kriteria wujudul hilal. Artinya, matahari terbenam lebih dahulu daripada bulan walaupun hanya berjarak satu menit atau kurang.

"Ide ini berasal dari pakar falak Muhammadiyah Wardan Diponingrat yang tidak hanya dipahami berdasarkan pada Quran Surat Yasin ayat 39-40, melainkan juga menggunakan perangkat lain seperti hadis dan konsep fikih lainnya serta dibantu ilmu astronomi," tulis Muhammadiyah.

Sementara itu, pemerintah dan NU menentukan 1 Syawal 1443 Hijriah dengan pemantauan hilal dan sidang isbat (rukyatul hilal dan hisab) atau metode rukyat hari ini, Minggu (1/5/2022).

Pemerintah Indonesia akan menggelar sidang isbat dengan menggunakan metode hisab dan rukyat. Maksudnya adalah posisi hilal Syawal akan dipresentasikan oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriyah yang selanjutnya menunggu laporan rukyat dari seluruh Indonesia. (Kilat/Rls)
×
Berita Terbaru Update