Notification

×

Iklan

Banner Iklan DPRD Tebing Tinggi

Anak Sudah Vaksin Hepatitis, Masih Bisa Tertular Hepatitis Misterius

Minggu, 08 Mei 2022 | 10:40 WIB Last Updated 2022-05-08T09:45:42Z
Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute hepatitis of unknown aetiology) tengah jadi sorotan dunia. (detikcom)

JAKARTA (Kliik.id) - 
Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute hepatitis of unknown aetiology) tengah jadi sorotan dunia. Apakah pemberian vaksin hepatitis rutin yang sudah berjalan saat ini bisa mencegahnya?

Ketua Unit Kerja Koordinasi Gastro-Hepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr dr Muzal Kadim, SpA(K), menjelaskan bahwa vaksin hepatitis yang saat ini diberikan kepada anak-anak hanya melindungi dari virus hepatitis A dan B. Vaksin tidak mencegah hepatitis yang bukan disebabkan oleh keduanya.

"Vaksin yang kita lakukan adalah vaksin hepatitis B yang diberikan sesuai schedule mulai bayi baru lahir, lalu berikutnya diulang 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, sesuai rekomendasi. Itu hepatitis B," jelas dr Muzal dalam diskusi virtual, Sabtu (7/5/2022).

"Lalu hepatitis A juga ada vaksinnya mulai umur 1 tahun, diulang lagi 2 kali diulang lagi setelah 6 bulan sampai 1 tahun," lanjutnya.

"Untuk hepatitis C, D, dan E, itu belum ada. Apalagi kalau sekarang ini yang non A, non B, non B yang sekarang ini belum diketahui, otomatis vaksinnya belum diketahui," tegas dr Muzal.

Sesuai definisi operasional yang ditetapkan organisasi kesehatan dunia WHO, Kementerian Kesehatan RI dalam edarannya menyebut ada tiga kriteria kasus hepatitis akut misterius.

Ketiganya adalah:

Konfirmasi:

Saat ini belum diketahui 

Probabel:

Seseorang dengan hepatitis akut (virus non-hepatitis A, B, C, D, E) dengan AST (aspartat aminotransferase) atau ALT (alanin aminotransferase) lebih dari 500 IU/L, berusia kurang dari 16 tahun (sejak 1 Januari 2022)

Epi-link alias kontak erat

Seseorang dengan hepatitis akut (virus non-hepatitis A, B, C, D, E) dari segala usia yang memiliki hubungan epidemiologis dengan kasus yang dikonfirmasi sejak 1 Januari 2022.

(Detik)
×
Berita Terbaru Update