Notification

×

Iklan

Banner Iklan DPRD Tebing Tinggi

Jalur Tol Direkayasa, Dit Lantas Polda Sumut Buka Info Lalu Lintas Lewat Instagram

Minggu, 08 Mei 2022 | 15:00 WIB Last Updated 2022-05-08T10:11:35Z
Gerbang Tol Tebingtinggi.
TEBINGTINGGI (Kliik.id) - 
Direktorat (Dit) Lalu Lintas Polda Sumatera Utara (Sumut) melakukan rekayasa lalu lintas sepanjang momen Idul Fitri 1443 H Tahun 2022, pada Tol Langkat-Medan-Kualanamu-Tebingtinggi.

Rekayasa dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan kendaraan pada arus mudik dan balik.

Kasat PJR Dit Lantas Polda Sumut, AKBP Thomas M Sihombing menyampaikan, kehadiran polisi di jalan tol guna melaksanakan pengaturan, penjagaan, dan patroli untuk memastikan pengguna jalan bisa aman dan lancar.

"Selama ini, kita tidak ada kendala. Kita punya Standar Operasional Prosedur (SOP). Kendaraan yang datang dari Medan menuju Tebingtinggi kita minta gardu tol (exit) dibuka lebih banyak," kata Thomas kepada wartawan, Minggu (8/5/2022).

Namun, apabila antrean kendaraan yang hendak keluar Tol Tebingtinggi masih padat, pihaknya akan mengarahkan kendaraan keluar lebih awal melalui Gerbang Tol Otomatis (GTO) Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai.

Selanjutnya, apabila lalu lintas keluar gerbang tol Sei Rampah mulai mengular, maka PJR Dit Lantas Polda Sumut kembali mengarahkan kendaraan keluar di GTO Tebingtinggi.

"Bila antrean kendaraan mengular sampai 500 meter, maka arus Medan ke Tebingtinggi kita alihkan ke GTO Sei Rampah. Apabila antrean kendaraan di GTO Sei Rampah telah sampai ekornya memanjang. Maka kita alihkan lagi ke Tebingtinggi dan begitu seterusnya," katanya.

Thomas menjelaskan, aktivitas patroli juga ditingkatkan sepanjang tol Langkat-Medan-Kualanamu-Tebingtinggi.

"Patroli dilakukan untuk memitigasi segala ancaman yang terjadi dalam kelancaran arus lalu lintas pengguna tol," ucapnya.

Sementara, Pamin 3 STNK, Subdit Regident Iptu Lila Desita menambahkan bahwa Dit Lantas Polda Sumut telah menghadirkan sejumlah presenter polwan untuk melaksanakan report di spot-spot penting yang menjadi jalur prioritas seperti di jalur tol Tebingtinggi, Langkat, ataupun Berastagi.

"Ada Live report dari spot-spot yang kita ketahui pasti ramai (aktivitas kendaraan)," ujar Lila.

Live report dari polwan yang melaporkan situasi lalu lintas dapat masyarakat pengguna media sosial lihat dari Instagram Dit Lantas Polda Sumut.

"Segala informasi dari petugas kepolisian terkait lalu lintas akan disampaikan secara berkala. Tak cuma satu arah, Dit Lantas Polda Sumut juga akan memberikan jawaban dan menerima informasi-informasi dari masyarakat yang membutuhkan tindak lanjut dari pihak berwajib," katanya.

Pada Instagram Dit Lantas Polda Sumut, akan ada update terbaru dan laporan dan informasi tentang kewilayahan.

"Informasi dari masyarakat juga sangat berarti bagi kita. Kita akan langsung tanggapi dan informasikan ke jajaran. Apalagi hari ini diprediksi menjadi puncak balik dan puncak wisata," katanya. (Rls)
×
Berita Terbaru Update