Notification

×

Iklan

Banner Iklan DPRD Tebing Tinggi

Masih Heboh Varian XE, Muncul Lagi COVID Varian XJ Tulari Kurir di Thailand!

Selasa, 05 April 2022 | 09:30 WIB Last Updated 2022-04-05T06:14:41Z
Foto ilustrasi.
JAKARTA (Kliik.id) - 
Seorang pengantar paket di Thailand diduga terinfeksi virus Corona varian XJ, tak lain kombinasi lain dari varian Omicron BA.1 dan BA.2 yang pertama kali terdeteksi di Finlandia. Diketahui, varian ini belum pernah terdeteksi sebelumnya di Thailand.

Direktur Jenderal Departemen Ilmu Kedokteran Supakit Sirilak menjelaskan, kasus tersebut ditemukan pada seorang pengantar paket pria berusia 34 tahun.

Berdasarkan tes genom pada 22 Februari di sebuah rumah sakit di Bangkok, jenis virus Corona yang menginfeksi tersebut sangat dekat dengan rekombinan XJ.

"Kami masih membutuhkan informasi lebih lanjut untuk konfirmasi," katanya, dikutip dari Bangkok Post, Selasa (5/4/2022).

"Ini sangat mungkin menjadi rekombinan XJ," imbuh dr Supakit.

Diketahui, pasien tersebut sebelumnya sudah menerima dua dosis vaksin COVID-19 jenis Sinopharm. Akan tetapi, ia rentan terinfeksi lantaran pekerjaannya selaku pengantar paket mempertemukannya dengan banyak orang secara tatap muka.

"Dia bertemu banyak orang karena sifat pekerjaannya. Itu membuatnya rentan terhadap infeksi," terang dr Supakit.

Sebelumnya, Thailand juga sudah melaporkan kasus pertama COVID-19 dengan infeksi varian XE, rekombinan lainnya dari Omicron BA.1 dan BA.2. Infeksi tersebut terdeteksi oleh Pusat Genomik Medis Rumah Sakit Ramathibodi.

Menurut dr Supakit, hingga kini tidak ada bukti bahwa kedua varian rekombinan tersebut lebih berbahaya daripada varian Corona yang sudah ada dan menyebar.

Sejauh ini, subvarian Omicron BA.2 atau yang kerap disebut 'Omicron siluman' (Stealth Omicron) dominan di Thailand. Mengingat, BA.2 diketahui amat menular, bahkan lebih menular dari Omicron BA.1. (Detik)
×
Berita Terbaru Update