Notification

×

Iklan

Banner Iklan DPRD Tebing Tinggi

Cek Stok BBM pada Bulan Ramadan, Pertamina Sidak SPBU di Medan

Minggu, 03 April 2022 | 09:30 WIB Last Updated 2022-04-03T03:35:21Z
Direktur Logistik dan Infrastruktur PT Pertamina (Persero), Mulyono (tengah), berbincang dengan supir saat sidak di salah satu SPBU di Medan, Sabtu (2/4/2022).
MEDAN (Kliik.id) -
Pertamina memastikan stok solar bersubsidi di Kota Medan, Sumatera Utara, aman. Hal itu disampaikan Direktur Logistik dan Infrastruktur PT Pertamina (Persero), Mulyono, saat inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah SPBU dan Fuel Terminal (FT) Medan Group, Sabtu (2/4/2022).

Per tanggal 30 Maret 2022, disebutkan ketahanan stok solar subsidi di atas 20 hari. Pertamina terus berupaya menjaga pasokan dan distribusi solar subsidi ke masyarakat.

"Meskipun kuota Solar subsidi per Februari 2022 sudah melebihi kuota hingga 10 persen secara nasional, tapi Pertamina terus menjaga pasokannya aman," ujar Mulyono dalam keterangannya, Minggu (3/4/2022).

Mulyono mengatakan pihaknya juga melakukan pencatatan atas pembelian solar subsidi di SPBU sebagai bentuk pengawasan dan implementasi regulasi mengenai pengisian maksimal setiap jenis-jenis kendaraan guna meminimalisir terjadinya penyaluran solar subsidi yang tidak tepat sasaran.

"Jika masyarakat menemukan adanya penyalahgunaan dalam distribusi BBM subsidi agar segera melapor ke aparat berwenang. Truk dengan roda lebih dari enam, truk sawit, truk batubara dilarang menggunakan solar subsidi," jelasnya.

Mulyono menegaskan pihaknya mengunjungi sejumlah SPBU dan FT Medan Group untuk memastikan kesiapan dan ketersediaan BBM menjelang Bulan Ramadan.

Guna mengantisipasi terjadinya arus mudik dan peningkatan kebutuhan BBM, pihaknya juga akan menyiapkan layanan-layanan tambahan berupa SPBU Siaga, mobil tangki siaga, motorist, SPBU Kantong dan rest area yang dilengkapi fasilitas kesehatan bagi para pemudik di beberapa titik jalur mudik.

"Kami juga telah membentuk tim Satuan Tugas Khusus Ramadan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) untuk memastikan kelancaran pasokan dan penyaluran BBM dan LPG kepada masyarakat," katanya.

Tim Satgas RAFI, kata Mulyono, akan bertugas mulai tanggal 11 April hingga 10 Mei 2022 mendatang. Tim Satgas RAFI akan berkoordinasi dengan instansi terkait misalnya Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), TNI dan Kepolisian.

Selain FT Medan Group, sidak juga dilakukan di 14 SPBU yang berada di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang. Diantaranya, SPBU 14.204.129 Belawan, SPBU 14.204.1120 Belawan, SPBU 11.201.101 Jalan Yos Sudarso, SPBU 14.202.1162 Jalan Sisingamangaraja dan lainnya.

Tak hanya di Sumut, sidak juga dilakukan secara serentak di beberapa wilayah lainnya yaitu Sumatera Bagian Selatan, Kalimantan dan Sulawesi.

Mulyono mengimbau masyarakat mampu agar menggunakan BBM non subsidi. Sehingga masyarakat lainnya yang lebih berhak dapat menikmati BBM yang disubsidi pemerintah.

"Kepada seluruh masyarakat terutama umat muslim, kami mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan, tetap menjaga protokol kesehatan untuk menyambut Idul Fitri 1443 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin," katanya. (Rls)
×
Berita Terbaru Update