Notification

×

Iklan

Banner Iklan DPRD Tebing Tinggi

Amankan Mudik Lebaran, Kapolda Sumut Tempatkan Pamen Polri Ikut Atur Lalu Lintas

Minggu, 24 April 2022 | 16:03 WIB Last Updated 2022-04-24T13:40:44Z
Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.
MEDAN (Kliik.id) - 
Polda Sumatera Utara (Sumut) terus memantapkan kesiapan menjelang lebaran dengan menggelar rapat pengamanan mudik dan balik serta Perayaan Idul Fitri 1443 H agar berjalan aman sehat dan kondusif.

Dalam rapat yang digelar Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Sabtu (23/4/2022), Panca mengumpulkan semua perwira pengendali lapangan untuk memantapkan cara bertindak di lapangan dalam pelaksanaan tugas pengamanan arus mudik dan balik lebaran.

Hadir dalam rapat itu, Waka Polda Brigjen Pol Dadang Hartanto, Irwasda Kombes Pol Armia Fahmi, Karoops Kombes Desman Tarigan, Direktur Lalu Lintas Kombes Pol Indra Darmawan Iriyanto dan sejumlah Pejabat utama Polda Sumut serta seluruh Kapolres jajaran.

Dalam kesempatan tersebut, Panca memberikan briefing langsung skema cara bertindak bagi para perwira pengendali lapangan, dengan cara tacktikal Floor Game.

Panca mengatakan Polda Sumut akan memberikan bantuan kekuatan penuh kepada Polres jajaran dengan menyiagakan personel pengurai kemacetan, SAR, Sabhara, Lantas dan Brimob.

"Nantinya setiap penggal jalan akan ditempatkan perwira menengah yang akan mengendalikan arus lalu lintas mengantisipasi kepadatan dan kemacatan lalu lintas, cara bertindak ini harus kita matangkan agar masyarakat merasakan dampak kehadiran kita," kata Panca.

Panca juga mengungkapkan, konsep pengamanan arus mudik dan lebaran Idul Fitri 1443 H di Sumut sepenuhnya ditangani Polres-Polres jajaran dengan diback up penuh Polda Sumut.

"Polda Sumatera Utara memastikan tidak ada penyekatan arus lalu lintas antar kabupaten/kota selama mudik lebaran Idul Fitri 1443 H," ungkapnya.

Panca menerangkan, sebanyak 146 Pos Pengamanan (Pos Pam) akan didirikan jelang lebaran yang isi personel gabungan Polri, TNI dan lintas sektoral lainnya. Dimana personel gabungan itu akan melakukan pengecekan kesehatan terhadap masyarakat.

"Kita ingin memastikan masyarakat dalam keadaan sehat. Silahkan mudik, tidak usah takut, tetapi patuhi protokol kesehatan," ujar Panca sembari menjelaskan syarat utama bagi masyarakat yang ingin mudik harus sudah mendapatkan vaksinasi booster atau dosis III.

"Yang paling utama syarat mudik adalah vaksinasi untuk pelaksanaan mudik aman dan sehat," katanya.

Panca menambahkan, 10.376 personel gabungan akan disebar ke 149 titik untuk melakukan pengamanan mudik di Sumut.

"Dan mengantisipasi 389 titik-titik rawan termasuk jalur darat dan laut, tempat keramaian, tempat ibadah, tempat wisata dan sebagainya," pungkasnya. (Rls)
×
Berita Terbaru Update