Notification

×

Iklan

Rumah Adat Kerajaan Negeri Padang di Tebingtinggi Hangus Terbakar, Satu Orang Dikabarkan Tewas

Minggu, 13 Maret 2022 | 18:02 WIB Last Updated 2022-03-13T12:27:04Z
Rumah adat Kerajaan Negeri Padang di Kota Tebingtinggi, hangus terbakar.
TEBINGTINGGI (Kliik.id) - 
Sebuah situs bersejarah di Kota Tebingtinggi, Sumatera Utara yakni Rumah Adat atau Istana Kerajaan Negeri Padang yang berlokasi di Jalan KF Tandean, Kelurahan Bandar Sakti, Kecamatan Bajenis, hangus terbakar, Minggu (13/3/2022) sore.

Peristiwa ini sontak mengagetkan warga yang tinggal di sekitaran lokasi. Warga pun berkerumun mendatangi lokasi kebakaran.

Menurut informasi yang dihimpun dari warga sekitar, kebakaran ini mengakibatkan satu korban tewas terbakar di lokasi.

"Ada satu orang tadi kayaknya (meninggal), anak-anak. Sudah dibawa ke rumah sakit,” ujar warga bernama Supriyadi kepada Kliik.id di lokasi.

Upaya pemadaman memakan waktu cukup lama, mengingat material dari rumah adat adalah kayu. Hingga menjelang pukul 17.00 WIB sore, api berhasil dipadamkan dan proses pendinginan.

Petugas pemadam kebakaran bersama Satpol PP dan pihak kepolisian tampak berada di lokasi. Belum ada satu pihak pun yang dapat dimintai keterangan terkait kejadian ini.

Diketahui, rumah adat Melayu tersebut merupakan Istana Negeri Padang, yang merupakan Peninggalan Raja ke XII Kerajaan Melayu, Tengku Hasyim, dan tegak berdiri di kawasan lingkungan penduduk di Jalan KF Tandean, Tebingtinggi.

Tahun pembangunan istana tersebut diperkirakan pada tahun 1800 masehi. Istana memiliki warna kebanggaan bangsa Melayu, kuning terang.

Rumah ini memiliki konsep panggung dengan akses masuk menggunakan anak tangga. Bangunannya ikonik begitu mencolok dibandingkan rumah penduduk sekitar. Di belakang rumah ini ada pemakaman untuk raja dan keluarga Kerajaan Padang. (Rls)
×
Berita Terbaru Update