Notification

×

Iklan

Direktur Utama BPODT Kenalkan "PROGRESIF" Program Unggulan UMKM Danau Toba

Rabu, 23 Maret 2022 | 18:58 WIB Last Updated 2022-03-23T12:04:02Z



Simalungun- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri kegiatan PROGRESIF BPODT di Ruang Terbuka Publik (RTP) di Pantai Bebas Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon,   Kabupaten Simalungun, Selasa (22/3/2022).

Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif yang didampingi Direktur Utama BPODT Jimmy Bernando Panjaitan sebelumnya menghadiri peresmian Gedung Creative Hub di Samosir, untuk mengunjungi kegiatan Promosi Gerak Bersama Bersama Ekonomi Kreatif yang diinisiasi oleh BPODT.

Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa untuk meningkatkan perekonomian dan meningkatkan pariwisata Danau Toba lebih maju lagi dengan cara melakukan pelatihan-pelatihan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, karena kita punya destinasi kelas dunia. Kita juga harus isi dengan SDM yang mumpuni.

"Kami melakukan Kerjasama dengan Poltekpar Medan dan juga Poltekpar lainnya termasuk Poltekpar Bali. Kami juga mengirim putra-putri terbaik untuk meningkatkan kemampuan Hospitalitynya. Dari segi kebangkitan ekonomi sudah mulai terasa, dari data-data yang kami terima Danau Toba mulai menggeliat ekonominya dan hasil kunjungan Presiden RI bulan Februari lalu, Presiden langsung memberikan arahan untuk menciptakan event-event dan hari ini seluruh tugas yang disampaikan Presiden sudah mulai bergulir, kami resmikan Gedung Samosir Creative Hub, hari ini kami juga melakukan event Bersama komunitas di Ruang Terbuka dan Pantai Bebas. Ada juga beratifikasi yang sudah ditindaklanjuti bekerja sama dengan dunia usaha. Ini yang diharapkan bagian dari 3G (Gercep, Geber dan Gaspol) dan membuka lapangan kerja." ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif kepada media.

Direktur Utama BPODT menyampaikan bahwa Promosi Gerak Bersama Bersama Ekonomi Kreatif ini nantinya akan menjadi program unggulan BPODT untuk meningkatkan promosi dan pemasaran produk UMKM di Kawasan Danau Toba.

"Promosi Gerak Bersama Bersama Ekonomi Kreatif atau kita singkat PROGRESIF, adalah meneruskan program sejenis yang sebelumnya diselenggarakan oleh Kemenparekraf yaitu Beli Kreatif Danau Toba. Dalam program ini tentunya sebelum kita mempromosikan produk-produk UMKM di Kawasan, kita akan membuat membuat inkubasi UMKM terkebih dahulu demi meningkatkan kualitas produknya dan juga menguatkan kemampuan enterpreuner para pelaku UMKM agar memiliki kompetensi lebih untuk berkompetisi di pasar lokal, nasional bahkan internasional, tentunya berkolaborasi secara pentahelix dengan pemangku kepentingan terkait," ujar Jimmy kepada media

"Ini semua tentunya bertujuan mendukung pemulihan ekonomi dan pembukaan lebih luas lapangan pekerjaan di era paska pandemi ini, sesuai dengan arahan dari Menparekraf," pungkas Jimmy.

Turut hadir peresmian Pagelaran Event PROGRESIF BPODTD, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Zumri Sulthony mewakili Gubernur Sumut, Sekretaris Daerah Kabupaten Simalungun Esron Sinaga, Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak, Kepala Dinas Parawisata Simalungun Fikri Damanik, mantan Bupati Simalungun JR Saragih, mantan Bupati Toba Darwin Siagian, para penggiat seni budaya kreatif serta tokoh masyarakat.(AS)


 
×
Berita Terbaru Update