Notification

×

Iklan

Ruas Jalan Nasional Karo-Dairi Rusak Parah, PDIP Minta Pemerintah Pusat Segera Perbaiki

Jumat, 25 Februari 2022 | 10:06 WIB Last Updated 2022-02-25T15:16:48Z
Anggota Fraksi PDIP DPRD Sumut, Anwar Sani Tarigan.
DAIRI (Kliik.id) - 
Infrastruktur jalan nasional penghubung Provinsi Sumut dan Kawasan Pantai Barat Aceh, khususnya ruas jalan Kabupaten Karo, Dairi dan Pakpak Bharat, mengalami rusak parah.

Menanggapi hal itu, Anggota Fraksi PDIP DPRD Provinsi Sumut Anwar Sani Tarigan nendorong pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR untuk segera melakukan perbaikan jalan tersebut karena merupakan jalur tranportasi penting untuk arus barang baik dari Aceh maupun Sumut.

"Ruas Medan ke Karo sudah dalam pengerjaan, namun untuk ruas Kabupaten Karo ke Dairi sampai hari ini belum ada tanda-tanda pengerjaannya. Kita mendorong pemerintah pusat untuk segera melakukan perbaikan mengingat sebentar lagi kita juga akan menghadapi momen hari besar yaitu Ramadhan dan Idul Fitri," ujar Anwar Sani Tarigan saat mengunjungi Kabupaten Dairi bersama Ketua DPD PDIP Sumut Rapidin Simbolon, Kamis (24/2/2022).

Masyarakat Dairi, kata Anwar Sani, sangat menginginkan adanya perbaikan jalan tersebut mengingat seluruh hasil bumi masyarakat Dairi didistribusikan keluar daerah terutama Kota Medan melalui jalan tersebut.

"Saat ini dengan rusaknya jalan tersebut membuat waktu yang dibutuhkan untuk mengangkut hasil bumi masyarakat Dairi ke kota-kota di Sumut membutuhkan waktu yang lama dan seringkali terjadi insiden di jalan karena rusaknya jalan tersebut," ungkapnya.

Apalagi, kata Anwar Sani, jalur itu menjadi jalur penting bagi akselerasi pergerakan barang dan orang dari kawasan Pantai Barat Aceh.

"Jalur ini sangat penting dimana kawasan Pantai Barat Aceh seperti Aceh SIngkil, Kota Subulusalam, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya dan Aceh Barat sangat tergantung dengan jalur ini baik untuk mobilitas barang maupun orang," ucap Anwar Sani.

Untuk itu, lanjut Anwar Sani, seharusnya pemerintah pusat juga harus memandang penting jalur Kabupaten Karo-Dairi.

"Jika ingin mendorong kemajuan Kabupaten Dairi dan Pakpak Bharat serta Samosir maka ruas Jalan Karo-Dairi harus segera dilakukan mengingat kemajuan daerah tersebut sangat dipengaruhi oleh kualitas infrastruktur yang baik," pungkasnya. (Rls)
×
Berita Terbaru Update