Notification

×

Iklan

Banner Iklan DPRD Tebing Tinggi

Hutaraja dan Huta Siallagan Disulap Jadi Objek Wisata Berkelas, Edy Rahmayadi Yakin Dongkrak Pariwisata Sumut

Kamis, 03 Februari 2022 | 11:12 WIB Last Updated 2022-02-03T12:47:24Z
Presiden Jokowi saat berada di Samosir, Sumatera Utara.

SAMOSIR (Kliik.id) - 
Objek Wisata Hutaraja di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut) disulap pemerintah jadi Kampung Ulos berkelas. Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yakin ini akan mendongkrak pariwisata Sumut.

"Sudah semakin cantik, tertata rapi dan lebih baik. Ini akan menjadi daya tarik bagi wisatawan," ujar Edy dalam keterangannya, Kamis (3/2/2022).

Edy berpesan agar masyarakat dan pemerintah setempat memelihara Kampung Ulos yang merupakan objek wisata ikonik di Samosir.

"Tempat ini penting bagi kita karena memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi dan demi kemajuan pariwisata Samosir dan Sumut," ungkapnya.

Menurut Presiden RI Joko Widodo, setelah dilakukan penataan kembali Kampung Ulos di Hutaraja, jauh lebih baik. Dia membandingkan kawasan ini 2,5 tahun silam saat kunjungan terakhirnya ke Samosir.

"2,5 tahun yang lalu saya ke sini, sekarang betul-betul kelihatan penataannya itu sangat baik sekali," ujar Jokowi, Rabu (2/2/2022) saat meresmikan objek wisata Hutaraja.

Rumah-rumah Bolon di Hutaraja juga banyak yang dibenahi terutama atapnya sehingga mempercantik objek wisata ini.

Bukan hanya dibenahi, pemerintah juga membangun Rumah Bolon baru di kawasan ini. Total pemerintah menggelontorkan anggaran Rp25,8 miliar untuk menyulap Hutaraja menjadi Kampung Ulos yang berkelas internasional.

Selain revitalisasi, pembangunan Rumah Bolon dan pembangunan TIC dana tersebut jug digunakan untuk pembangunan toilet umum, warung kopi, penataan pagar makam Hutaraja dan plaza.

Hal serupa juga dilakukan di Huta Siallagan, Kementerian PUPR membantu warga untuk mengubah rumah mereka menjadi homestay yang menarik. Selain itu, mereka juga membangun Rumah Bolon baru dan juga merevitalisasi yang baru.

Pemerintah menggelontorkan dana Rp30 miliar untuk penataan ini termasuk membangun sarana dan prasarana.

Jokowi mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR, Pemda dan masyarakat yang sudah mendukung proyek ini.

"Saya sangat berterima kasih sekali kepada masyarakat, pemerintah daerah dan Kementerian PUPR," kata Jokowi.

Turut mendampingi Jokowi, Menteri Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Hadir juga Bupati Samosir Vandiko Gultom serta OPD terkait. (Rls)
×
Berita Terbaru Update