Notification

×

Iklan

DUKUNG PARAWISATA SUMUT, TPL DISTRIBUSIKAN 7.300 UNIT VAKSIN BOOSTER

Senin, 31 Januari 2022 | 10:15 WIB Last Updated 2022-02-01T03:44:43Z




Samosir- Dalam upaya mendukung pemerintah untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 varian terbaru Omicron dan mencapai Herd Immunity (Kekebalan Kelompok), PT Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) menyelenggarakan Vaksinasi Booster Tahap III kepada masyarakat di wilayah pariwisata yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Dimana wilayah tersebut juga berada di area sektor operasional perusahaan yaitu Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Samosir dan Kabupaten Simalungun.

Latar belakang program Vaksinasi Booster ini diinisiasi oleh PT TPL dan Mapala Universitas Indonesia (UI) yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara dan Pemerintah masing-masing wilayah. Tujuannya adalah untuk menjaga imunitas masyarakat di daerah-daerah wisata yang cukup rentan tertular karena ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Selain Penyediaan Vaksin Booster yang total berjumlah 7300 Unit, PT TPL juga mendukung sepenuhnya operasional dan fasilitas kegiatan sehingga dapat berjalan dengan lancar. Sejauh ini pelaksanaan bantuan Vaksinasi  sudah berjalan di 2 Kabupaten, yaitu dengan rincian tanggal 25 – 26 Januari 2022 di Tapanuli Utara 1300 Unit (Kecamatan Muara) dan tanggal 26 – 29 Januari 2022 di Samosir 6000 Unit (Kecamatan Simanindo, Pangururan dan sekitar). Pelaksanaan Vaksinasi Booster ini dijadwalkan akan berlangsung hingga 09 Februari 2022, rencananya untuk Kabupaten Simalungun akan dilakukan di wilayah wisata Pematang Sidamanik.

Kegiatan Vaksinasi Booster ini turut dihadiri oleh pemangku kepentingan di wilayah masing-masing, mulai dari Drs. Martua Sitanggang, MM (Wakil Bupati Samosir), Hurrycan Rajagukguk (Kepala Desa Sibandang – Kecamatan Muara) dan Edward Sihombing (Kepala UPT Puskesmas Muara). Untuk perwakilan managemen TPL dihadiri oleh Ramida Siringo-ringo (Community Development (CD) Manager), Tagor Manik (Government Relation Manager) dan Bahara Sibuea (Koordinator Humas Sektor Aek Raja).

CD Manager, Ramida Siringo-ringo, menyampaikan bahwa dengan dilakukannya Vaksinasi Booster ini akan mendukung mobilitas dan aktivitas di sektor pariwisata di masa pandemi semakin lebih baik.

"Harapannya jika mobilitas sudah lebih bebas maka pariwisata semakin terbangun, roda ekonomi masyarakat berputar dan daya tahan tubuh lebih baik sehingga meminimalisir terpapar Covid – 19. Intinya adalah putaran ekonomi masyarakat hidup kembali dan ekonomi lebih stabil nantinya," ujar Ramida.

Ramida menambahkan, kegiatan ini direncanakan berlangsung hingga 09 Februari 2022, namun masing-masing dari dinas kesehatan kabupaten akan tetap melanjutkan hingga mencapai target yang diharapkan. Namun apabila target tidak tercapai, akan disalurkan ke kabupaten lainnya di Sumatera Utara.

Perwakilan dari Mapala UI, Muhammad Abror selaku Koordinator Vaksinasi, mengatakan program ini berdasarkan kegiatan yang dilakukan sebelumnya yaitu Kembara Banoa Toba selama tahun 2021 dan juga sebagai bentuk bakti sosial mahasiswa untuk masyarakat. Kembara Banua Toba sendiri merupakan salah satu kegiatan eksplorasi pengembangan pariwisata di wilayah sekitar Danau Toba.

"Masyarakat di daerah wisata sebagai pelaku wisata harus menjadi yang terdepan menyadari pentingnya vaksinasi untuk memperkuat imun sebagai faktor pendukung aktivitas wisata berjalan dengan baik di masa pandemi ini,' sebut Abror.

Menurut Abror, secara keseluruhan antusias masyarakat yang mengikuti Vaksinasi Booster cukup tinggi karena banyak yang sudah memiliki kesadaran perihal pentingnya pemutusan rantai penyebaran Covid – 19. Sehingga diharapkan, setelah vaksinasi tercapai maka masyarakat akan lebih nyaman ketika menerima kadatangan wisatawan.

"Dukungan penuh yang diberikan oleh TPL dalam kegiatan ini tentu sangat baik dalam mendukung kebangkitan kawasan wisata di daerah Danau Toba. Hal ini yang sangat dibutuhkan dan tepat sasaran dengan kondisi situasi sekarang. Sesuai dengan visi misi pemerintah dan juga kami, untuk menyukseskan Danau Toba sebagai salah satu destinasi prioritas di Indonesia," tambah Abror.

Adapun ungkapan terimakasih juga disampaikan Ibu Rasmen Sihombing dan Bapak Firman Rajagukguk,  mewakili warga Desa Sibandang, Kecamatan Muara, yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

"Kami senang mengikuti vaksinasi ini, tidak takut dan tenang saja seperti biasa saja. Semoga dengan bantuan perusahaan, kita semua sehat dan diberkati Tuhan sehingga terhindar dari segala marabahaya," ucap Rasmen dan Firman.

Kepala Desa Sibandang, Hurrycan Rajagukguk yang di dampingi Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Muara, Edward Sihombing, sangat mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh TPL kepada masyarakatnya. Disampaikan bahwa kini antusias warga sudah lebih tinggi disbanding saat vaksinasi tahap I dan II sebelumnya.

"Masih ada rasa takut ketika vaksinasi di awal-awal pandemi dulu, sehingga sulit untuk menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat disini. Namun setelah ada sosialisasi yang disampaikan, perlahan-lahan rasa takut sudah mulai menghilang dan hari ini kita bias melihat antusias yang lebih tinggi dari sebelumnya. Kami sangat senang dan menghargai aksi kepedulian yang diberikan oleh TPL dan Mapala UI dalam kegiatan vaksinasi ini. Semoga kelak terjalin sinergi yang semakin baik ke depannya," tukas Hurrycan.

Hurrycan pun turut menghimbau seluruh masyarakat di desanya, agar senantiasa menjaga kesehatan serta tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Sehingga masyarakat dapat terhindar dari segala bentuk penyakit dan dapat beraktivitas normal.(AS) 

×
Berita Terbaru Update