Notification

×

Iklan

Di Dominasi Wanita, Panitia Bazar UMKM Kaldera Toba Terbentuk

Selasa, 25 Januari 2022 | 19:19 WIB Last Updated 2022-01-25T12:19:00Z

Simalungun- Di dominasi wanita, Panitia Pelaksana Bazar UMKM Kaldera Toba  terbentuk pada Rapat Asosiasi UMKM Kaldera Toba di Atsari Hotel, Parapat, Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Jumat (21/1/2022) 

Asosiasi UMKM Kaldera Toba sangat mengapresiasi struktur kepanitian yang terbentuk dimana di dominasi para wanita yang kreatif dan berkarya dalam menggerakkan roda UMKM di kawasan Danau Toba.

Panitia yang telah terbentuk dan dilantik tersebut akan bertanggung jawab untuk menggerakkan kegiatan Bazar yang rencananya akan diselenggarakan di Open Stage Pagoda Parapat mulai dari tanggal 26 hingga 28 Februari 2022.

Peserta rapat tersebut berasal dari lima kabupaten yakni : Toba, Simalungun, Samosir, Humbahas dan Tapanuli Utara.

Bazar ini ditujukan guna menggiatkan kembali kegiatan UMKM di Kawasan Kaldera Toba setelah satu tahun terakhir terhenti akibat pandemi Corona. Kegiatan ini juga ditujukan untuk mempromosikan produk-produk lokal di Kawasan Danau Toba (KDT).

Selain kegiatan bazar, direncanakan akan diadakan juga pelatihan dan seminar seperti pengolahan nila menjadi abon, nuget dan bakso. Pelatihan pengelolaan eceng gondok, pelatihan pengolahan madu lebah dan pelatihan lainnya yang dibutuhkan oleh pelaku UMKM di kawasan Danau Toba.

"Mumpung PPKM (Pembatasan) sudah tidak terlalu ketat, kita bisa manfaatkan kesempatan saat ini untuk menghidupkan kegiatan UMKM di Kawasan Danau Toba. Jadi, selagi masih ada waktu, mari kita manfaatkan kesempatan ini," kata Marandus Sirait, Ketua Asosiasi UMKM Kaldera Toba dalam Rapat Asosiasi UMKM Kaldera.

Pemilihan para panitia yang mayoritas berasal dari kaum hawa ini juga ditujukan guna memberdayakan para wanita sebagai penggerak ekonomi di Kawasan Danau Toba. Juga untuk persiapan acara W20 pada Juli 2022 yang tujuan utamanya memberdayakan para wanita.

Desmon Rumahorbo, Sekretaris Asosiasi UMKM Kaldera Toba, mengatakan pihaknya yakin 100 persen acara ini akan terwujud. "Kami sudah buat persiapan untuk menghadapi skenario paling buruk. Namun, kami targetkan opsi terbaik. Acara ini pasti akan berjalan," tandasnya meyakinkan bahwa kegiatan tersebut akan berjalan dengan baik.

Sekadar tambahan informasi, anggota Asosiasi UMKM Kaldera Toba berasal dari 8 Kabupaten yg ada di Kaldera Toba: Kabupaten Toba, Kabupaten Samosir, Kabupaten Humbahas, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Karo, Kabupaten Taput, Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Barat. Diharapkan, kegiatan yang akan diselenggarakan oleh Asosiasi UMKM Kaldera Toba ini akan berjalan baik dan bermanfaat bagi banyak pelaku UMKM di kawasan Danau Toba.

Berikut Struktur Kepanitian Pelaksana Bazar UMKM Kaldera Toba :
Ketua : Siska Nababan
Wakil Ketua 1: Ratnauli Gultom
Wakil Ketua 2: Berliana Purba
Sekretaris : Grace Agustine
Bendahara : Ranap Manurung
Seksi-Seksi :
seksi acara : Sri Oktavia,
seksi konsumsi : Debora Sinaga
seksi Pameran: Dedy Tobing
seksi Dana : Marandus Sirait dan Frans Siagian
Seksi Perlengkapan : Ahok Samosir. 
(Tons)
×
Berita Terbaru Update