Notification

×

Iklan

Iklan

FX Rudy Ingatkan Ledakan Pengangguran Jika PPKM Darurat Diperpanjang

Minggu, 18 Juli 2021 | 19:09 WIB Last Updated 2021-07-18T13:02:42Z
FX Hadi Rudyatmo (Foto: detikcom)
SOLO (Kliik.id) - Mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengingatkan potensi terjadinya ledakan pengangguran jika PPKM Darurat diperpanjang. Selain itu warga-warga yang melakukan isolasi mandiri (isoman) juga masih kurang diperhatikan selama penerapan PPKM Darurat.

"Potensi pengangguran lebih banyak, yang isoman tidak ada masukan suruh nambah gizi pakai apa? PKL itu yang paling merasakan dampaknya betul apalagi malam," ujar FX Rudy di sela pelaksanaan donor plasma konvalesen di Solo, Minggu ((18/7/2021).

FX Rudy mengingatkan pemerintah harus punya target untuk mengurangi angka kasus COVID-19 jika PPKM Darurat diperpanjangkan.

"Kalau mau diperpanjang (PPKM Darurat) harus punya target. Satu, bisa kendalikan COVID-19; kedua, rakyat Solo tidak boleh kelaparan," tutur Rudy.

Mantan Wali Kota Solo itu menambahkan, selama ini penerapan PPKM Darurat perlu dievaluasi. Mengingat, banyak rakyat yang terkena dampak dari kebijakan tersebut. Terlebih, dengan adanya jam operasional para pedagang yang hanya sampai pukul 20.00 WIB.

"Dulu prokes tidak dilakukan lapaknya ditutup, pedagangnya menggunakan masker tapi pembeli tidak memakai masker lapak ditutup. Sanksi tegas rakyat akan tertib," ujar dia.

FX Rudy juga mengingatkan konsekuensi dari peraturan menutup mal, toko dan tempat-tempat usaha adalah seharusnya pemerintah mencukupi setidaknya kebutuhan logistik para penjaga toko dan tempat usaha yang ditutup.

"PPKM Darurat ini tidak hanya berdampak, kalau mau lockdown logistik disiapkan. Harapan saya pemerintah kumpulkan pengusaha untuk membantu masyarakat, kalau hanya bergantung APBD saja tidak kuat," pungkasnya. (Detik)
×
Berita Terbaru Update