Notification

×

Iklan

Iklan

Banner Iklan Lekkers

Jokowi Tanya Soal Belajar Online, Apa Jawab Nadiem?

Minggu, 02 Mei 2021 | 20:52 WIB Last Updated 2021-05-02T14:14:57Z
Nadiem Makarim menjawab pertanyaan Presiden Jokowi terkait belajar online Foto: Jokowi dan Nadiem (YouTube Sekretariat Kabinet)
JAKARTA (Kliik.id) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanyakan soal Pembelajaran Jarak Jauh pada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim di momen siniar (podcast) Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional 2021.

"Kalau melihat di lapangan, proses belajar jarak jauh yang kita lakukan, menurut Mas Menteri seperti apa?" tanya Jokowi.

Nadiem pun mengakui, pembelajaran jarak jauh ini banyak kendalanya. Salah satunya, banyak murid yang tidak memiliki telepon pintar serta akses ke jaringan internet.

"Banyak yang nggak punya HP, banyak yang nggak punya koneksi internet. Dan kita melihat di dunia, memang kualitas dari pembelajaran itu ada penurunan," jawab Nadiem.

Di samping menyebutkan kendala dalam belajar online tersebut, Nadiem juga menggarisbawahi adanya hal yang dipelajari guru-guru dan siswa mengenai platform-platform digital.

Nadiem menganggap hal tersebut sebagai kesempatan emas untuk mengikuti perkembangan dan menggunakannya bagi transformasi hybrid.

Ketika ditanya soal terobosan menuju transformasi hybrid, Nadiem mengiyakan bahwa ada terobosan untuk menuju ke arah sana.

Nadiem menyebutkan yang pertama adalah digitalisasi sekolah yang merupakan salah satu fokus utama Merdeka Belajar. Nadiem menjelaskan bahwa walaupun pandemi, ada beberapa program yang sudah diluncurkan seperti asesmen nasional sebagai pengganti Ujian Nasional dan survei karakter per sekolah.

Menurut Nadiem ini adalah bagian dari tahap awal big data dalam hal digital government.

Selain kedua program tersebut, Nadiem juga menyebutkan Guru Penggerak untuk meluncurkan regenerasi kepemimpinan. Kepala sekolah nantinya akan berasal dari alumni Guru Penggerak. Terakhir adalah transformasi keuangan.

Dana BOS kini langsung ditransfer ke sekolah dan kepala sekolah bisa lebih fleksibel menggunakannya.

Ketika ditanya soal teknologi di sekolah-sekolah, Nadiem memastikan bahwa Kemendikbud-Ristek bekerja sama dengan Kominfo untuk menjadikan sekolah sebagai prioritas koneksi internet.

Nadiem juga menyebutkan akan adanya rencana distribusi laptop terbesar yang akan dilakukan kira-kira dalam 1 hingga 2 tahun ke depan.

Itu dia beberapa pemaparan Nadiem ketika ditanya Jokowi soal Pembelajaran Jarak Jauh yang hingga kini masih mengalami banyak kendala. (Detik)
×
Berita Terbaru Update