Notification

×

Iklan

Iklan

Banner Iklan RSI

Iman Irdian Saragih Terima Audiensi Pemangku Adat Kerajaan Negeri Padang Deli

Minggu, 23 Mei 2021 | 08:03 WIB Last Updated 2021-05-23T02:25:54Z
Wakil Ketua DPRD Tebingtinggi Iman Irdian Saragih didampingi Ketua Komisi A Anda Yasser menerima audiensi Pemangku Adat Kerajaan Negeri Padang Deli

TEBINGTINGGI (Kliik.id) - Wakil Ketua DPRD Kota Tebingtinggi Iman Irdian Saragih menerima kedatangan audiensi Pemangku Adat Kerajaan Negeri Padang Deli di ruang sekretariat DPRD, Jumat (21/5/2021) kemarin.

Dalam kesempatan ini, Iman Irdian Saragih didampingi oleh Ketua Komisi A DPRD Tebingtinggi Anda Yasser.

Audiensi ini dalam rangka membicarakan aset Kerajaan Negeri Padang Deli.

Para pemangku Adat Kerajaan Negeri Padang Deli kota Tebingtinggi membawa catatan Terkait pendataan aset kerajaan yang dikuasai negara, sertifikasi tanah adat, optimalisasi lahan adat dan revitalisasi keraton/istana.

Hal itu dilakukan sebagai follow up hasil pertemuan Presiden RI Joko Widodo dan Raja Sultan Pemangku Adat di Istana Bogor, pada Januari 2018 yang lalu.

Para Pemangku Adat Kerajaan Negeri Padang Deli diwakili Azra’i Hasan Miraza gelar Datuq Syahbandar, Juanda Gelar Datuq Bentara, H Erpin Penghulu adat dan Syahroni Penghulu Adat Negeri Padang.

Dari pendataan aset kerajaan yang dilakukan Pemangku Adat Kerajaan Padang Deli di Tebingtinggi ditemukan adanya lahan Adat Kerajaan Padang seluas +-400 hektar yang diserahkan pihak Kerajaan Padang kepada Pemerintah Hindia Belanda dengan status hak pakai khusus pada tahun 1917, dengan ketentuan bila tidak dipergunakan untuk keperluan Pemerintah, maka segera dikembalikan kepada pihak kerajaan, sesuai kontrak politik tahun 1908 yang diperbaharui tahun 1938.

Dari pertemuan tersebut, para Pemangku Adat Kerajaan Padang Deli berharap kepada DPRD Tebingtinggi untuk memfasilitasi pengambil-alihan aset-aset Kerajaan Padang ini, menjadi milik Pemerintah Kota sesuai PP 224 tahun 1961.

Menyikapi hal ini, Wakil Ketua DPRD Kota Tebingtinggi Iman Irdian Saragih menyampaikan apresiasi atas niat baik Pemangku Adat.

Ketua DPC PDI Perjuangan (PDIP) Tebingtinggi ini berjanji akan memfasilitasi pertemuan antara Pemerintah Kota dengan Pemangku Adat dan BPN cabang Tebingtinggi untuk menindaklanjuti hal ini.

"Kita apresiasi niat baik pemangku adat Kerajaan Padang Deli, dan akan memfasilitasi pertemuan dengan Pemerintah Kota Tebingtinggi dan pihak BPN cabang Tebingtinggi," ujar Iman Irdian Saragih alias Dian dalam keterangan yang diterima, Minggu (23/5/2021).

Dian berharap pertemuan ini nantinya dapat menjernihkan status alas hak dari lahan-lahan adat yang saat ini dikuasai Pemerintah Kota Tebingtinggi, maupun pihak swasta. (Rls)
×
Berita Terbaru Update