Notification

×

Iklan

Iklan

Banner Iklan Lekkers

Sofyan Tan dan Kemenparekraf Gelar Bimtek Pemasaran UMKM Kepada Pelaku Wisata Danau Toba

Jumat, 30 April 2021 | 16:43 WIB Last Updated 2021-04-30T13:03:04Z
Kadis Pariwisata Samosir Dumosch Pandiangan memberikan ulos kepada Anggota Komisi X DPR RI Sofyan Tan.
SAMOSIR (Kliik.id) - Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar bimbingan teknis (bimtek) pemasaran ekonomi kreatif di Era New Normal kepada 100 pelaku pariwisata se-kawasan Danau Toba di Tabo Hotel, Samosir, Jumat (30/4/2021).

Acara ini dibuka secara resmi oleh Anggota DPR RI Komisi X Sofyan Tan, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Yuana Rochma Astuti, Kepala Dinas Pariwisata Samosir Dumosch Pandiangan dan para pelaku pariwisata dari Kabupaten Simalungun dan Samosir.

Dalam sambutannya, Sofyan Tan menjelaskan latar belakang digelarnya bimbingan teknis ini karena adanya keluhan para pelaku wisata yang kesulitan memasarkan produk UMKM ketika pihaknya berkunjung ke Danau Toba.

"Ini adalah tindak lanjut dari keluhan para pelaku wisata yang kesulitan menjual hasil-hasil usaha kepada kita,  ketika kunjungan kerja dengan Menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Uno di Danau Toba beberapa bulan terakhir," ujar Sofyan Tan.

Sofyan Tan berharap ahli dari Jakarta dapat menyampaikan materi dan memaparkan teknik pemasaran agar para pelaku wisata dapat menerapkan ilmu pemasaran untuk menjual produk-produk UMKM melalui pemasaran digitalisasi.

"Kami meminta kepada Kemenparekraf untuk melakukan bimtek hingga para pelaku wisata memahami dan mengerti tata cara mengemas produk-produk UMKM hingga nyata berkualitas dan layak dijual di pasar," ujar Politisi PDI Perjuangan ini.

Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Yuana Rochma Astuti melalui Koordinator Pemasaran Fashion, Desain dan Kiliner Kemenparekraf Andy Ruswar mengatakan bahwa kegiatan bimtek pemasaran ini merupakan program nasional 'Bangga Buatan Indonesia' dalam mendukung pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

"Semua menteri membuka program untuk meningkatakan ekonomi nasional dengan cara membeli produk-produk UMKM buatan Indonesia untuk memberikan rasa cinta kepada produk lokal. Program ini juga merupakan bentuk kampanye nasional dalam mendorong para pelaku usaha untuk mengenal pemasaran produk UMKM melalui digital," katanya.

Dia berharap melalui bimbek pemasaran, para pelaku UMKM pariwisata di Kawasan Danau Toba dapat menciptakan karya-karya lokal yang inovatif, memiliki daya saing tinggi dengan memaksimalkan kearifan lokal sebagai ciri khas dan memahami teknis pemasaran dengan baik.

Acara dirangkai dengan pemberian cenderamata dari Kepala Dinas Pariwisata Samosir kepada Sofyan Tan dan narasumber pemberi materi pemasaran UMKM.

Rombongan juga menyempatkan diri melihat hasil-hasil produk UMKM dari Kabupaten Samosir dan Simalungun. (AS)
×
Berita Terbaru Update