Notification

×

Iklan

Iklan

Ini Pernyataan Habib Rizieq Dukung ISIS yang Jadi Alasan Pelarangan FPI

Kamis, 31 Desember 2020 | 15:44 WIB Last Updated 2020-12-31T08:44:45Z
Habib Rizieq Shihab
JAKARTA (Kliik.id) - Pemerintah menayangkan video dukungan Habib Rizieq Shihab (HRS) kepada ISIS dalam konferensi pers pengumuman pelarangan Front Pembela Islam (FPI). Dalam video tersebut, Habib Rizieq tampak menggebu-gebu mengajak pengikutnya mendukung ISIS.

Seperti yang dilihat Kamis (31/12/2020) dalam video tersebut, Habib Rizieq berorasi dengan jubah putih cirikhasnya. Habib Rizieq mengklaim bahwa ISIS memiliki cita-cita mulia.

"Apa yang baik dari ISIS kita akui baik. Cita-cita mulianya menegakkan syariat Islam, hal yang baik. Cita mulianya untuk menegakkan Khilafah Islamiyah hal yang baik. Cita-cita mulianya untuk melawan kezaliman Amerika Serikat dan sekutunya, cita-cita yang baik," kata Habib Rizieq dalam video tersebut.

"Saya tanya, hal-hal yang baik dukung tidak? Dukung tidak? Takbir!" tanya Habib Rizieq diiringi teriakan takbir dari massa.

Habib Rizieq juga menuduh ada pihak-pihak yang menginginkan FPI diadu domba dengan ISIS. Namun, menurutnya, FPI tidak akan melakukannya.

"Jangan mau kita diadu domba dengan ISIS. Sekarang ini banyak pihak-pihak menginginkan supaya kita bermusuhan dengan ISIS, betul? Supaya kita menggebuki ISIS, betul? Itu tidak akan dilakukan oleh FPI, saudara," tuturnya.

Habib Rizieq lantas mengungkit soal pemerintahan yang zalim. Dia bertanya apakah ISIS perlu ada.

"Kalau pemerintah zalim, tentara jahat, polisi jahat, main tangkep main tembak, rakyat hartanya dijarah, tanahnya dirampas, syariah Islam disingkirkan saudara. Saya mau nanya, kira-kira besok perlu ada ISIS tidak? Pelu ada ISIS tidak?" katanya.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud Md mengumumkan pelarangan FPI. Dalam konferensi pers tersebut, pemerintah menampilkan video dukungan FPI terhadap ISIS.

Konferensi pers pelarangan FPI digelar di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (30/12/2020).

Wamenkum HAM Edward Omar Sharif Hiariej mulanya menjabarkan alasan-alasan pelarangan FPI. Ada tujuh poin terkait pelarangan FPI yang disampaikan Eddy--sapaan akrabnya.

Setelah Eddy memberikan paparan, Mahfud Md meminta jajarannya menunjukkan gambar pendukung. Gambar pendukung ini ternyata berupa video dukungan FPI terhadap ISIS.

"Silakan, ada sedikit 3 menit ini, ada gambar-gambar pendukung," kata Mahfud Md.

Menanggapi video itu, kuasa hukum Habib Rizieq, Aziz Yanuar, berbicara sebaliknya.

"Fitnah besar," kata Aziz saat dihubungi, Kamis (31/12/2020).

Menurut Aziz, Habib Rizieq sudah menegaskan bahwa ISIS adalah musuh FPI. Aziz juga berbicara komitmen Habib Rizieq terhadap Palestina.

"Habib Rizieq Shihab dengan tegas menyatakan 'jadi, soal ISIS sikap FPI sejak tahun 2014 sudah tegas dan jelas, bahwa siapa pun, termasuk ISIS, yang suka mengkafirkan dan menumpahkan darah sesama muslim tanpa hak adalah musuh FPI'," ucap Aziz.

"Habib Rizieq juga menyatakan, 'Kita harus lebih peduli kepada rakyat Palestina, dan FPI mendukung perjuangan Palestina. Akan tetapi FPI tidak mendukung perjuangan ISIS di Suriah dan Irak, karena di sana terjadi peperangan antarsesama umat Islam hanya karena perbedaan mazhab. Tidak ada khalifah yang menghancurkan umat islam gara-gara hanya perbedaan mazhab'," jelas dia.

Aziz pun menerangkan foto bendera ISIS saat aksi umat Islam di Jakarta pernah beredar di media sosial beberapa waktu lalu. Mengenai hal itu, Aziz menerangkan, FPI menjadi pihak yang disudutkan.

"Dan mengenai tentang beredarnya foto ada bendera ISIS dalam salah satu aksi umat Islam di Jakarta yang kemudian digoreng oleh musuh Islam sebagai bukti bahwa FPI adalah pendukung ISIS, Habib Rizieq menegaskan 'Itu foto aksi ormas-ormas Islam untuk Palestina di tahun 2014, dan FPI ikut. Lalu ada pihak yang bawa bendera mirip Bendera ISIS. Apa salah FPI?'," tutur Aziz. (Detik)
×
Berita Terbaru Update