Notification

×

Iklan

Iklan

Varian Baru Corona Sudah Menyebar ke 22 Negara Termasuk Asia, Ini Daftarnya

Kamis, 31 Desember 2020 | 16:17 WIB Last Updated 2020-12-31T09:17:56Z
Varian baru Corona sudah menyebar ke 22 negara, ini daftarnya. (Foto: DW News)
JAKARTA (Kliik.id) - Varian baru Corona yang ditemukan di Inggris disebut lebih menular dan menyebar dengan cepat ke berbagai negara. Hingga saat ini, 22 negara telah mendeteksi adanya varian baru Corona di wilayah mereka.

Jenis varian baru Corona ini dinamakan VUI-202012/01 karena varian pertama yang diselidiki pada bulan Desember. Varian baru Corona tersebut pertama kali dilaporkan di Inggris dan disebut 70 persen lebih mudah menular.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 22 negara yang telah melaporkan kasus varian baru Corona.

1. Inggris

Dikutip dari EuroNews, pada tanggal 14 Desember 2020, Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock pertama kali mengumumkan bahwa ada varian baru Corona di London dan Inggris Tenggara. Ia mengatakan varian baru ini tumbuh lebih cepat dari varian yang sudah ada.

Berdasarkan laporan varian baru Corona ini, pemerintah Inggris melakukan batasan yang lebih ketat selama musim liburan.

2. Denmark

Technical Lead COVID-19 di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Maria Van Kerkhove mengonfirmasi varian baru Corona yang teridentifikasi di Inggris juga telah ditemukan di beberapa negara lainnya. Dia mengatakan, ada sembilan kasus positif COVID-19 di Denmark teridentifikasi disebabkan oleh varian baru tersebut.

3. Swedia

Badan kesehatan Swedia mengatakan otoritas negara mulai mendeteksi varian baru itu setelah seorang turis dari Inggris jatuh sakit saat kedatangan dan dinyatakan positif terpapar COVID-19. Kemudian turis tersebut telah diisolasi dan sejauh ini tidak ada kasus lain yang dilaporkan.

4. Jerman

Kasus pertama varian baru Corona dilaporkan di Jerman pada Kamis (24/12/2020) lalu. Kasus ini ditemukan dari seorang perempuan yang datang dari London.

5. Prancis

Prancis telah mengonfirmasi kasus pertama varian baru Corona. Kementerian Kesehatan Prancis mengatakan seorang pria yang merupakan warga negara Prancis di pusat kota Tours, dinyatakan positif varian baru Corona.

Dikutip dari laman Reuters, pria tersebut baru saja tiba di Prancis usai melakukan perjalanan dari Inggris. yang tiba dari London pada 19 Desember. Kementerian mengatakan pria tersebut tidak menunjukkan gejala, dan saat ini telah melakukan isolasi mandiri di rumah.

6. Spanyol

Spanyol melaporkan empat kasus pertama varian baru Corona pada Sabtu (26/12/2020) lalu. Kasus varian baru Corona ini ditemukan di Madrid.

Dikutip dari Aljazeera, keempat kasus tersebut berasal dari orang-orang yang baru tiba dari Inggris.

"Para pasiennya tidak mengalami sakit yang parah, kami tahu bahwa jenis ini lebih mudah menular, tetapi tidak menyebabkan penyakit yang lebih serius," ujar Wakil Ketua Kesehatan Madrid Antonio Zapatero.

7. Swiss

Swiss melaporkan tiga orang telah dinyatakan mengidap varian baru COVID-19. Hal ini disampaikan Kantor Federal Kesehatan Masyarakat (FOPH), di mana dua orang di antaranya merupakan warga negara Inggris yang sedang berkunjung ke Swiss.

"Semua kontak dekat telah diidentifikasi dan dikarantina," ujar juru bicara FOPH, yang dikutip dari CNN Indonesia.

8. Belanda

Pada 22 Desember, Menteri Kesehatan Belanda Hugo de Jonge mengatakan varian baru Corona yang diidentifikasi di Inggris ditemukan dua kasus di wilayah Amsterdam.

9. Italia

Italia mendaftarkan kasus kedua dari varian baru virus Corona di dekat pusat kota Ancona pada Rabu (23/12/2020) lalu. Namun pasien tidak memiliki kontak langsung ke Inggris, tempat varian pertama kali muncul.

Sebelumnya, pada hari Senin (21/12/2020) Kementerian kesehatan Italia mengatakan varian baru virus Corona telah ditemukan pada pasangan yang mendarat di bandara Fiumicino Roma dan sudah berada di karantina.

10. Kanada

Pada 26 Desember, Pejabat kesehatan di provinsi Ontario Kanada melaporkan dua kasus pertama varian baru COVID-19 di negara tersebut. Kasus tersebut terjadi pada pasangan di Durham, wilayah timur Toronto.

Para pejabat setempat mengatakan pasangan tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan atau kontak berisiko tinggi lainnya. Kini mereka sedang berada dalam isolasi.

11. Jepang

Pada 25 Desember, Jepang melaporkan lima kasus pertama varian baru Corona. Varian ini berasal dari orang-orang yang datang dari Inggris.

12. Yordania

Pada 27 Desember, Menteri Kesehatan Yordania mengatakan telah mendeteksi dua kasus pertama dari varian baru virus Corona yang berasal dari pada para pelancong yang baru saja tiba dari Inggris.

13. Lebanon

Menteri Kesehatan Lebanon Hamad Hassan mengatakan bahwa kasus varian baru Corona terdeteksi pada penerbangan yang tiba dari London pada Jumat (25/12/2020) lalu. Hassan mendesak semua penumpang dalam penerbangan tersebut untuk mengambil tindakan pencegahan.

14. Nigeria

Pada 24 Desember, kepala badan pengontrol penyakit Afrika mengatakan varian baru virus Corona ditemukan di Nigeria. Menurut makalah penelitian yang dilihat oleh kantor berita The Associated Press, varian tersebut ditemukan dalam dua sampel pasien yang dikumpulkan pada 3 Agustus dan 9 Oktober di negara bagian Osun, Nigeria.

15. Singapura

Singapura telah mengonfirmasi kasus pertama dari varian baru virus Corona pada Kamis (24/12/2020) lalu.

Kementerian Kesehatan Singapura mengatakan di antara 31 pasien COVID-19 yang tiba antara 17 November dan 17 Desember, dipastikan satu orang membawa jenis B117 (varian baru virus corona).

16. Australia

Pada 21 Desember, pejabat kesehatan Australia mengatakan dua orang yang bepergian dari Inggris tiba di negara itu terdeteksi varian baru corona.

17. Afrika Selatan

Afrika Selatan telah melaporkan jenis baru COVID-19 yang tampaknya telah bermutasi lebih jauh dari varian Inggris. Menurut pejabat kesehatan dan ilmuwan yang memimpin strategi virus di negara itu, varian ini dikenal sebagai 501.V2 yang menjadi dominan di antara infeksi baru yang dikonfirmasi di Afrika Selatan, dan tampaknya lebih menular daripada virus aslinya.

18. Korea Selatan

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) menuturkan pejabat Korea Selatan pada 28 Desember melaporkan bahwa varian baru terdeteksi dalam sebuah keluarga yang tiba di negara itu setelah melakukan penerbangan dari London pada 22 Desember. Ketiga orang tersebut telah diisolasi sejak hasil tes menunjukkan positif COVID-19.

19. Norwegia

Pada 28 Desember, Norwegia mengonfirmasi varian baru corona telah terdeteksi pada dua orang yang tiba dari Inggris pada awal Desember.

20. India

Pada 29 Desember, otoritas kesehatan India mengatakan mereka telah menemukan enam orang yang telah kembali dari Inggris dalam beberapa pekan terakhir yang dinyatakan positif mengidap varian baru virus Corona.

Kementerian Kesehatan India mengatakan keenam pasien telah diisolasi dan orang-orang yang kontak langsung dengan mereka telah dikarantina.

21. Pakistan

Pada 29 Desember, Pakistan mengatakan telah mendeteksi tiga kasus jenis virus korona baru dari para pelancong yang kembali dari Inggris.

"Genotyping menunjukkan 95 persen kecocokan varian baru dari Inggris," kata Meeran Yousuf, juru bicara departemen kesehatan Sindh.

Saat ini sedang dilakukan pelacakan kontak para pelancong ini dan orang-orang yang pernah kontak dengan mereka juga diisolasi.

22. Chili

Pada 29 Desember, Chili mengatakan telah mencatat kasus pertama dari varian baru Corona dan mendorong otoritas kesehatan untuk mengembalikan masa karantina wajib bagi semua pengunjung yang memasuki negara Amerika Selatan itu dari luar negeri.

Wakil Menteri Kesehatan Chili Paula Daza mengatakan seorang wanita Chili yang kembali ke negara asalnya pada 22 Desember, telah dites positif untuk varian tersebut. Sebelumnya, dia telah melakukan perjalanan ke London untuk mengunjungi keluarganya. (Detik)
×
Berita Terbaru Update