Notification

×

Warga Keluhkan Pemadaman Listrik di Tebingtinggi, Ini Penjelasan Manager PLN

Kamis, 03 Juli 2025 | 11:29 WIB Last Updated 2025-07-03T07:45:39Z
Kantor PLN Tebingtinggi.

TEBINGTINGGI (Kliik.id) - 
Pemadaman listrik oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) ULP Tebingtinggi di wilayah Kecamatan Tebingtinggi Kota dan Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebingtinggi pada Rabu (2/7/2025) malam, menjadi keluhan warga.

Hal ini disebabkan pemadaman listrik selama kurang lebih 2 jam ini tanpa adanya pemberitahuan kepada warga.

Salah seorang warga Jalan Cemara Ridwan merasa sangat dirugikan atas pemadaman listrik tanpa pemberitahuan dari PLN Tebingtinggi.

"Bila dilihat dari kondisi alam, tiada hujan dan angin kencang, namun mengapa listrik bisa padam hingga 2 jam," ujarnya.

Ridwan merasa dirugikan atas pemadaman sepihak ini karena di malam hari saat dia masih beraktifitas berdagang.

"Anehnya, bila kami telat bayar, jaringan listrik langsung diputuskan oleh PLN. Bila telat, kami kena denda. kasihan para pedagang di sepanjang Jalan Cemara ini, karena hanya menggantungkan hidupnya dari jualan malam saja, namun harus gelap-gelapan," katanya.

Sementara, seorang penjual bakso keliling, Agus, warga Jalan Sei Beringin Ujung turut kekecewaan atas pelayanan PLN Tebingtinggi.

"Kalau begini kejadiannya, jelas dagangan saya jadi tidak laku, apalagi padamnya listrik ini pada jam ramai anak-anak dan warga bermain dan duduk di depan teras rumahnya," ucap Agus.

"Harapan kami, pemadaman listrik sepihak ini jangan terulang kembali. PLN ULP Tebingtinggi harus siap sedia melayani masyarakat full time, karena listrik ini merupakan layanan umum milik pemerintah," sebutnya.

Atas terjadinya pemadaman listrik tersebut, sejumlah warga mencoba.menghubungi nomor telepon layanan umum milik PLN ULP Tebingtinggi untuk mengetahui penyebab padamnya listrik.

Namun dari semua nomor telepon yang dihubungi, tidak ada satupun yang menjawab panggilan masuk.

Terpisah, Manager PLN ULP Tebingtinggi, Martha Retniati saat dikonfirmasi, Kamis (3/7/2025) pagi menjelaskan kronologi gangguan kelistrikan yang terjadi pada Rabu malam.

Berawal atas adanya laporan informasi dari masyarakat pada pukul 20.55 WIB bahwa terjadi ledakan di Jalan Cemara/Simpang Bangsal.

Setelah mendapatkan laporan tersebut, tim PLN Tebingtinggi langsung gerak menuju lokasi laporan dari masyarakat tersebut.

"Setelah dilakukan pengecekan ditemukan kawat jaringan pada lokasi tersebut putus, oleh karena itu petugas segera melakukan perbaikan dan penggantian kawat jaringan yang baru dan pada pukul 23.07 WIB lokasi kembali pulih secara keseluruhan," ujar Martha.

Terkait nomor layanan masyarakat, Martha menyarankan agar menghubungi PLN Mobile dan Contact Center 123.

Dari PLN Mobile dan Contact Center 123 ini, petugas layanan akan meneruskan laporan tersebut kepada unit yang terkait.

"Sesuai kronologi diatas, maka tindak lanjut kami berdasarkan laporan pengaduan dari pelanggan/masyarakat terkait adanya bunyi seperti dentuman di jaringan listrik PLN," pungkasnya. (Red)
×
Berita Terbaru Update