Notification

×

Iklan

Gubernur Sumut Serahkan Bantuan Korban Gempa Bumi di Taput

Senin, 03 Oktober 2022 | 13:11 WIB Last Updated 2022-10-03T14:14:27Z
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyerahkan bantuan kepada korban gempa bumi di Taput.
TAPUT (Kliik.id) - 
Setelah menurunkan tim tanggap bencana dan bantuan logistik untuk korban gempa di Tapanuli Utara (Taput), Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau langsung dampak gempa 6,0 SR, dan menyerahkan bantuan untuk masyarakat yang terdampak bencana alam tersebut.

Bantuan yang diserahkan Edy Rahmayadi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Taput, Senin (3/10/2022), berupa material bahan bangunan senilai Rp100.000.000, serta 1.000 paket sembako senilai Rp 133.000.000, obat-obatan dan vitamin.

Edy berharap bantuan tersebut dapat segera digunakan untuk memperbaiki rumah warga yang rusak akibat bencana, terutama yang rusak berat. Sehingga warga dapat segera kembali menempati rumahnya.

"Rumah merupakan hal yang prioritas untuk warga. Selain rumah, sekolah dan tempat ibadah juga harus segera diperbaiki," ujar Edy saat meninjau Posko Gempa Taput di Kantor Bupati Taput, Tarutung.

Pada kesempatan itu, Edy juga meminta dilakukan penyembuhan secara psikologis terhadap para korban bencana. Karena bencana yang terjadi juga menyebabkan trauma mendalam bagi para korban.

"Ini kita juga minta pendampingan psikologis untuk korban gempa, semua diharapkan dapat terlibat," katanya.

Bupati Taput Nikson Nababan mengatakan pihaknya bersama TNI dan Polri telah melakukan penanganan gempa. Nantinya pembangunan rumah penduduk yang rusak juga dilakukan oleh Pemda bersama sama TNI/Polri, dan masyarakat swakelola membangunnya. (Rls)
×
Berita Terbaru Update