Notification

×

Iklan

Unimed Latih Pembuatan Media Pembelajaran Digital Kepada Guru SDN 048233 Karo

Rabu, 13 Juli 2022 | 23:57 WIB Last Updated 2022-07-14T08:09:10Z
Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Unimed melatih pembuatan media pembelajaran digital berbasis HOTS kepada guru-guru di SD Negeri 048233 Tiga Binanga, Kabupaten Karo.
MEDAN (Kliik.id) - 
Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Unimed melatih pembuatan media pembelajaran digital berbasis HOTS kepada guru-guru di SD Negeri 048233 Tiga Binanga, Kabupaten Karo, pada 20-22 Juni 2022 lalu.

Sebagai wujud tridarma perguruan tinggi, Dosen Ilmu Pendidikan Unimed yang didukung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unimed melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

Kegiatan PKM ini diketuai oleh Eva Betty Simanjuntak dengan anggota sebanyak 2 orang yaitu Rafael Lisinus Ginting dan Putra Afriadi.

Untuk membantu kelancaran kegiatan PKM ini, Eva melibatkan 5 orang mahasiswa yang berasal dari jurusan PGSD dan Bimbingan Konseling, yaitu; Fyo Renti Br Sitepu, Dela Dita Pangaribuan, Yosefine Siringoringo, Ruth Zelena Simanjuntak dan Irfiani Nadia Saparah.

Eva Betty mengatakan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang diutarakan Kepala Sekolah SD Negeri 048233 Tiga Binanga Minaram Br Sembiring, yaitu para guru sudah mengenal dan memahami pelaksanaan pembelajaran berbasis HOTS, namun seluruh guru tidak menggunakan media pembelajaran interaktif yang dapat menciptakan pembelajaran berbasis HOTS yang menarik dan memacu siswa untuk semangat dalam mengikuti pembelajaran sehingga target capaian pembelajaran berbasis HOTS belum memuaskan.

"Hal ini disebabkan minimnya pengetahuan para guru dalam penggunaan TIK dalam pembelajaran. Dalam melaksanakan pembelajaran berbasis HOTS, para guru hanya menggunakan media pembelajaran seadanya saja seperti menggunakan gambar yang ditempel di papan tulis dan ada yang menggunakan alat peraga sederhana," ujar Eva dalam keterangan yang diterima, Rabu (13/7/2022).

Oleh sebab itu, pada kegiatan PKM ini tim PKM memberikan solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu pelatihan dan pendampingan guru dalam pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis HOTS menggunakan Software Lectora Inspire.

Lebih lanjut, Eva menambahkan bahwa Kegiatan PKM ini dilaksanakan mulai tanggal 20 Juni hingga 22 Juni 2022.

Dalam kegiatan ini, Tim PKM juga mengundang beberapa narasumber yang juga merupakan Dosen Unimed yaitu Elizon Nainggolan dengan materi High Order Thinking Skill (HOTS) di Sekolah dasar dan Albert Pauli Sirait dengan materi Pembuatan Media Pembelajaran Digital Berbasis Hots dengan Software Lectora Inspire.

Materi-materi yang diberikan kepada para guru pada kegiatan ini adalah Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS di Sekolah Dasar, Desain Perangkat Pembelajaran Berbasis HOTS, Assesmen berbasis HOTS, Media Pembelajaran Berbasis HOTS dan Pembuatan Media Pembelajaran Digital Berbasis Hots dengan Software Lectora Inspire.

Sementara, Minaram br Sembiring selaku mitra pada kegiatan PKM tersebut mengungkapkan bahwa guru-guru terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan PKM yang dilaksanakan oleh para dosen dan mahasiswa Unimed, mulai dari sosialisasi, pelatihan hingga praktik pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis HOTS menggunakan software Lectora Inspire.

Minaram sangat berterima kasih kepada tim PKM khususnya kepada LPPM Universitas Negeri Medan yang telah mendukung terlaksananya kegiatan PKM di sekolah mereka yang lokasinya jauh dari kota Medan.

Kegiatan PKM ini membuat para guru yang ada di SDN 048233 Tiga Binanga memahami tentang HOTS, pembelajaran berbasis HOTS, media pembelajaran interaktif dan mampu untuk membuat media pembelajaran interaktif menggunakan software Lectora Inspire. (Rls)
×
Berita Terbaru Update