Notification

×

Iklan

Baskami Ginting Dorong Generasi Muda Sumut Perkuat Literasi Digital

Jumat, 22 Juli 2022 | 15:11 WIB Last Updated 2022-07-22T17:16:15Z
Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting.
MEDAN (Kliik.id) - 
Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut), Baskami Ginting mendorong para muda-mudi di Sumut untuk memperkuat literasi digital dewasa ini.

Politisi PDI Perjuangan (PDIP) ini mengatakan hadirnya era transformasi digital, menjadikan kaum muda baik kalangan generasi millenial maupun 'Z' 'tulang punggung' di berbagai sektor, nantinya.

Baginya, literasi digital, sebagai kecakapan dasar yang harus dikuasai untuk selanjutnya ke arah keterampilan digital. Hal tersebut dibutuhkan di tengah perubahan fundamental perkembangan sistem teknologi digital dewasa ini.

"Literasi digital ini tak hanya berbicara soal bagaimana kita harus membedakan berita-berita hoaks dan negatif. Lebih dari itu, ke depan para anak muda dituntut memanfaatkan media digital untuk mendapatkan seluruh akses terutama manfaat ekonomi," ujar Baskami melalui rilis tertulis, Jumat (22/7/2022).

Baskami menjelaskan, selama era pandemi, beberapa sektor telah mengalami peningkatan digitalisasi, baik pendidikan, kesehatan dan pelayanan publik.

Oleh karenanya, para generasi muda yang berada pada usia produktif harus menambah keterampilannya. Literasi digital dipercaya mempengaruhi, hard skill dan soft skill seseorang.

Baskami mengungkapkan, selain infrastruktur, pemerintah saat ini tengah gencar melakukan pengembangan SDM di berbagai lini.

Menurut Baskami, ke depan, Indonesia khususnya Sumatera Utara harus siap menghadapi transformasi ekonomi digital. Sehingga, generasi muda dituntut agar mampu menguasai platform digital. Kedepan, ekonomi digital mampu menjadi peluang kerja bagi siapapun.

"Tentunya ekonomi digital yang nantinya berkontribusi pada perekonomian kita harus terintegrasi dengan sektor UMKM, pertanian, perkebunan, perikanan dan lainnya. Sehingga kita mendapat nilai tambah dari transformasi yang sifatnya inklusif itu," imbuhnya.

Dikatakan Baskami, upaya tersebut memerlukan kolaborasi serta sinergisitas seluruh pihak baik, pemerintah, perguruan tinggi, sektor swasta dan lainnya.

"Sehingga kita dapat menjawab tantangan zaman, tantangan global," pungkasnya. (Rls)
×
Berita Terbaru Update