Notification

×

Iklan

Banner Iklan DPRD Tebing Tinggi

Percepat Program DPSP Danau Toba, Kantor Staf Presiden Gelar Rapat Bersama

Selasa, 14 Juni 2022 | 11:01 WIB Last Updated 2022-06-15T01:33:41Z







Jakarta - Kantor Staf Presiden (KSP) gelar rapat bersama terkait perkembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba di Gedung Bina Graha KSP, Senin, (13/6/2022).

Rapat bersama ini bertujuan untuk mempercepat program prioritas nasional terutama pada bidang pariwisata Danau Toba yang dihadiri perwakilan dari kementerian terkait, Pemprov Sumatera Utara, BPODT dan 8 Bupati Kawasan Danau Toba.

Rapat bersama yang dipimpin Helson Siagian, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) mengatakan, dalam mempercepat pembangunan infrastruktur di Danau Toba mesti semua pihak bergerak secara bersama-sama.

"Supaya BPODT ini larinya kencang, semua yang hadir dalam rapat ini harus benar-benar melakukan percepatan, kita harus mengumpulkan forkopimda untuk menyelesaikan masalah-masalah di daerah. KSP komitmen untuk membantu hal-hal yang terhambat jika ada di tingkat kementerian dan pusat. Jika berlarut-larut bisa besar nanti persoalan ini," ujar Helson
Siagian.

Saat ini KSP akan berupaya mempercepat program-program pemerintah terutama dalam pembangunan. Menurut Helson Siagian hal-hal tersebut merupakan janji Presiden Joko Widodo dalam membangun masyarakat.

"Danau Toba ini adalah salah satu prioritas Presiden, sehingga saya mengundang bapak/ibu sekalian untuk bersama-sama mengambil langkah kongkrit terkait hal-hal yg dianggap bisa menghambat progres pembangunan kedepan," ujarnya.

Dalam pertemuan ini Jimmy Bernando Panjaitan, Dirut BPODT menambahkan upaya gerak cepat untuk membangun pariwisata super prioritas sangat membutuhkan bantuan anggaran dan fasilitas infrastruktur untuk segera menggaet investor.

"Sejauh ini kita mendayagunakan semua potensi yang ada. Dengan anggaran dan infrastruktur dasar yang ada di Toba Caldera Resort kita selalu maksimal untuk mendatangkan investor. Namun tetap membutuhkan bantuan pemerintah pusat untuk melakukan percepatan, misalnya jalan, saluran air bersih dikawasan hingga insentiv dan perizinan yang ada," ujarnya.

Sementara itu Radiapoh Sinaga, Bupati Simalungun menyampaikan, dukungan Pemkab Simalungun sangat besar untuk mewujudkan Danau Toba sebagai wisata internasional.

"Saya sepakat dengan percepatan yang akan kita lakukan bersama, Simalungun juga siap berkontribusi bersama dalam membangun Danau Toba, contohnya dalam hal pembersihan keramba jaring apung (KJA). Kita berusaha menertibkan KJA meskipun kami sangat perlu dukungan pemerintah dalam menyelesaikannya," paparnya.

Adapun dalam pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan Kemenparekraf, Perwakilan PUPR, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera Utara, perwakilan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II Sumatera Utara, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera Utara, Bupati Kawasan Danau Toba (secara virtual) dan Perwakilan Bupati Humbang Hasundutan.(AS) 
×
Berita Terbaru Update