Notification

×

Iklan

Banner Iklan DPRD Tebing Tinggi

Siap-siap! Bakal Ada Beda Warna PeduliLindungi yang Belum dan Sudah Booster

Rabu, 13 April 2022 | 09:02 WIB Last Updated 2022-04-13T02:28:01Z
Kementerian Kesehatan RI menyebut status warna PeduliLindungi bakal diubah pada penerima vaksin COVID-19 booster. Artinya, ada perbedaan bagi yang menerima vaksin COVID-19 satu dosis, dua dosis, hingga tiga dosis. (detikcom)
JAKARTA (Kliik.id) - 
Kementerian Kesehatan RI menyebut status warna PeduliLindungi bakal diubah pada penerima vaksin COVID-19 booster. Artinya, ada perbedaan bagi yang menerima vaksin COVID-19 satu dosis, dua dosis, hingga tiga dosis.

Menurut juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi, perbedaan warna bagi penerima vaksin COVID-19 booster masih dalam pembahasan. Belum ada keterangan lebih lanjut status warna apa yang bakal tertera di PeduliLindungi jika sudah menerima tiga dosis vaksin COVID-19.

Sejauh ini, dr Nadia menekankan perbedaan warna tak akan berpengaruh pada pembatasan aktivitas masyarakat. Perubahan status warna PeduliLindungi hanya untuk menandakan yang bersangkutan sudah divaksinasi booster.

"Iya sudah dalam pembahasan (perubahan warna PeduliLindungi). Kalau untuk perbedaan aktivitas belum ya," beber dr Nadia saat dihubungi detikcom Rabu (13/4/2022).

"(Warna PeduliLindungi bagi penerima booster) belum, ditunggu dulu ya apakah warna ada badge khusus banget," sambungnya.

Seperti diketahui, warna status PeduliLindungi sejauh ini hanya dibagi menjadi empat ketegori. Berikut keterangan Kemenkes RI per 23 Maret 2022: 

Hitam

Terkonfirmasi positif COVID-19 kurang dari 10 hari
Riwayat kontak dengan kasus positif kurang dari 14 hari
Baru tiba dari luar negeri.

Merah

Tidak bisa bepergian ke tempat umum karena belum divaksinasi COVID-19. 

Kuning

Baru divaksinasi satu dosis
Bukan pasien COVID-19 atau kontak erat Belum vaksinasi tetapi sembuh dari COVID-19 kurang dari 90 hari.

Hijau

Vaksinasi dosis lengkap
Bukan pasien COVID-19 atau kontak erat
Hasil tes antigen (1x24 jam) atau PCR (3X24 jam) negatif
Sudah vaksinasi satu kali dan sembuh dari COVID-19 kurang dari 90 hari.

(Detik)
×
Berita Terbaru Update