Notification

×

Iklan

Banner Iklan DPRD Tebing Tinggi

Lagi-lagi Jokowi Minta Setop Ekspor Bahan Mentah!

Kamis, 28 April 2022 | 13:36 WIB Last Updated 2022-04-28T06:36:52Z
Presiden Joko Widodo. (detikcom)
JAKARTA (Kliik.id) - 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan kepada jajarannya hingga pemerintah daerah untuk berhenti mengekspor bahan mentah. Hal ini disampaikan dalam arahannya di Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2022.

"Saya ingatkan jangan kita hanya menjadi pengekspor bahan mentah, pengekspor raw material setop," tegas Jokowi, Kamis (28/4/2022).

Ia pun meminta agar proses hilirisasi industri dipercepat. Misalnya di daerah yang memiliki pertambangan agar segera dibangun smelter.

Selain itu, Jokowi juga mencontohkan komoditas lain seperti kopi dan cokelat agar bisa masuk ke industri hilirisasi. Arahannya itu diharapkan bisa meningkatkan nilai tambah negara dan lapangan kerja.

"Percepat proses hilirisasi industri yang dilakukan di dalam negeri, daerah-daerah yang memiliki pertambangan dorong agar mereka segera membangun smelter," ungkapnya.

"Daerah yang produksi cokelat, kopi misalnya, dorong agar mereka masuk ke industri. Di daerah kita masing-masing agar meningkatkan nilai tambah berlipat-lipat dan membuka lapangan pekerjaan yang sebesar-besarnya untuk rakyat," tambahnya.

Jokowi juga menegaskan agar terus bisa meningkatkan produksi di dalam negeri. Ia pun menyinggung kedelai dan jagung yang masih impor.

"Misalnya jagung masih impor, kenapa? Menanam jagung di mana aja tumbuh, kenapa masih impor? Kedelai kita juga masih impor, padahal banyak lahan yang sesuai untuk menanamkan kedelai. lakukan ini!" pungkasnya. (Detik)
×
Berita Terbaru Update