Notification

×

Iklan

Iklan

Banner Iklan RSI

Jokowi dan Xi Jinping Teleponan, Ini yang Dibahas

Jumat, 14 Januari 2022 | 10:30 WIB Last Updated 2022-01-14T06:34:42Z
Presiden Cina Xi Jinping menghubungi Presiden Joko Widodo lewat sambungan telepon. Keduanya membicarakan hal yang terkait pembangunan jangka menengah dan panjang. (detikcom)
JAKARTA (Kliik.id) - 
Presiden Cina Xi Jinping menghubungi Presiden Joko Widodo lewat sambungan telepon. Keduanya membicarakan hal yang terkait pembangunan jangka menengah dan panjang. Selain itu keduanya juga membahas kerja sama di era paska pandemi.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri Cina, Jumat (14/1/2021), disebutkan jika Cina dan Indonesia merupakan negara yang memiliki cita-cita untuk menggenjot pembangunan nasional demi kesejahteraan rakyat.

Selain itu Xi Jinping juga menyampaikan kedua negara akan bekerja sama untuk menangani masalah kesehatan paska pandemi. Misalnya untuk industri vaksin, penelitian dan pengembangan obat

Cina juga akan membantu Indonesia untuk pembangunan pusat produksi vaksin regional dan bekerja sama untuk meningkatkan kesehatan masyarakat global untuk memerangi pandemi.

Selain itu juga dibahas terkait Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung dengan kualitas tinggi. Selanjutnya ada juga pembahasan Regional Comprehensive Economic Corridor and the Two Countries Twin Parks.

Jokowi dan Xi Jinping juga membahas terkait energi baru terbarukan, pembangunan rendah karbon, ekonomi digital dan maritim. Cina akan juga akan berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia.

Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat terkait penyelenggaraan sidang pleno keenam Komite Sentral Partai Komunis China ke 19.

"Saya percaya di bawah kepemimpinan Xi Jinping, rakyat Cina akan terus jaya," jelasnya.

Dia menyampaikan tahun lalu perdagangan dan investasi bilateral antara Indonesia dan Cina tumbuh pesat. Kemudian kerja sama di bidang kesehatan seperti produksi vaksin, penelitian dan pengembangan obat mencatatkan hasil yang luar biasa.

Saat ini 80% vaksin Indonesia berasal dari Cina. Selanjutnya untuk pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung diharapkan beroperasi sesuai jadwal.

Jokowi menyebutkan Indonesia siap memperkuat kerja sama dengan Cina di bidang ekonomi, perdagangan sampai penanganan pandemi. (Detik)
×
Berita Terbaru Update