Notification

×

Iklan

Iklan

Banner Iklan RSI

Jelang HUT RI ke-76, Forkopimcam Girsang Sipangan Bolon dan Maraden Sinaga Tabur Bunga di Makam Pahlawan

Senin, 16 Agustus 2021 | 16:13 WIB Last Updated 2021-08-16T14:22:27Z
Forkopimcam Girsang Sipangan Bolon bersama Ketua Komisi II DPRD Simalungun, Maraden Sinaga foto bersama di Makam Pahlawan Bung Anggarajim Sinaga

SIMALUNGUN (Kliik.id) - Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Forkopimcam Girsang Sipangan Bolon bersama Ketua Komisi II DPRD Simalungun Maraden Sinaga melakukan ziarah ke makam pahlawan Bung Anggarajim Sinaga, di Jalinsum Parapat, Jalan Anggarajim, Kelurahan Girsang, Kabupaten Simalungun, Senin (16/8/2021).

Sebelum melakukan prosesi ziarah, Forkopimcam Sipangan Bolon yang dipimpin Camat Maruwandi Yosua Simaibang bersama Maraden Sinaga terlebih dahulu melakukan penghormatan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur.

Selain berziarah, rombongan juga menempatkan karangan bunga dan tabur bunga di makam Bung Anggarajim Sinaga. Kemudian rombongan menuju tugu peringatan pahlawan tak dikenal yang berlokasi di Nagori Sibaganding untuk berziarah dan tabur bunga.

"Kegiatan ziarah dan tabur bunga ini merupakan wujud penghargaan dan penghormatan terhadap jasa-jasa para pahlawan yang telah berkorban jiwa dan raga untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Selain itu juga, kegiatan ini juga untuk mengenang dan menghormati dan menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan," ujar Camat Girsang Sipangan Bolon Maruwandi Yosua Simaibang.

Maruwandi mengatakan, kegiatan ziarah dan tabur bunga tahun ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya, lantaran saat ini Indonesia masih dilanda wabah Covid-19 termasuk Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.

"Tahun ini kita laksanakan dengan menerapkan prosedur sesuai dengan protokol kesehatan. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dan kegiatan ziarah disesuaikan untuk menerapkan pola jaga jarak dalam rangka prosedur protokol kesehatan," katanya.

Ketua Komisi II DPRD Simalungun, Maraden Sinaga mengapresiasi kegiatan ziarah yang dilakukan Forkopimcam Girsang Sipangan Bolon.

"Kita berharap kegiatan ziarah ini rutin dilakukan setiap tahunnya, dan saya selaku putra Kecamatan Girsang Sipangan Bolon meminta para generasi muda dapat memiliki sifat patriotisme, dan bisa mengisi kemerdekaan ini kedepan," kata Maraden Sinaga.

Sementara, Ketua Panitia Perayaan HUT RI Ke-76, Nelson Sinaga menjelaskan, meski ziarah dan tabur bunga ini dilakukan dengan cara sederhana namun tetap hikmat.

"Kepada warga Kecamatan Girsang Sipangan Bolon agar sama-sama mengenang jasa-jasa pahlawan kita, karena bangsa yang bermartabat adalah yang menghargai jasa pahlawannya," ujar Nelson. (AS)
×
Berita Terbaru Update