Notification

×

Iklan

Iklan

Banner Iklan RSI

HUT ke-76 RI Diselimuti Pandemi, Mahfud Bicara Solidaritas Makin Terasah

Selasa, 17 Agustus 2021 | 09:19 WIB Last Updated 2021-08-17T03:22:44Z
Mahfud Md (Foto: detikcom)
JAKARTA (Kliik.id) - Menko Polhukam Mahfud Md menyampaikan pandemi COVID-19 membuat perayaan hari ulang tahun atau HUT ke-76 RI diselimuti suasana pilu. Meski demikian, Mahfud melihat semangat nasionalisme hingga solidaritas bangsa Indonesia justru semakin terasah.

"Perayaan kemerdekaan republik Indonesia tahun ini masih diselimuti oleh suasana pilu karena pandemi COVID-19. Meskipun begitu, saya melihat semangat nasionalisme atau semangat bela negara kita dan kegotongroyongan kita serta solidaritas kita justru semakin terasah di masa sulit seperi ini," kata Mahfud melalui rekaman video yang diterima detikcom, Selasa (17/8/2021).

Mahfud mengatakan masyarakat kini saling bahu membahu meringankan beban satu sama lain. Tetangga membantu tetangga yang sedang isolasi mandiri dengan upaya dan cara-cara kreatif.

"Masyarakat bersatu padu meringankan sesama. Tetangga saling membantu tetangganya yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah. Dan upaya-upaya inisiatif dan kreatif warga lainnya," ujarnya.

Mahfud menyampaikan pemerintah terus berupaya keras bekerja siang dan malam untuk mengatasi pandemi COVID-19. Dia menyebut keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi.

"Pemerintah sendiri terus berupaya keras mengatasi pandemi ini dengan berpedoman bahwa keselamatan rakyat adalah hukum yang tertinggi atau salus populi suprema lex esto bekerja siang malam," katanya.

Mahfud yakin dengan dukungan masyarakat dan kerja keras pemerintah, pandemi COVID-19 dapat teratasi. Indonesia kata Mahfud, akan menjadi negara yang kuat dan tangguh.

"Saya percaya keuletan pemerintah yang didukung oleh masyarakat akan dapat mengatasi musuh bersama ini, serta akan menjadikan bangsa kita semakin kuat dan kokoh. Dirgahayu kemerdekaan Indonesia, Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh," imbuhnya. (Detik)
×
Berita Terbaru Update