Notification

×

Iklan

Iklan

Kasus Oksigen Kosong di RSUD Pirngadi Medan, Ombudsman: Maladministrasi!

Jumat, 11 Juni 2021 | 13:20 WIB Last Updated 2021-06-11T09:55:49Z
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar menyerahkan LAHP kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution
MEDAN (Kliik.id) - Ombudsman RI Perwakilan Sumut menyatakan RSUD dr Pirngadi Medan, melakukan maladministrasi dalam peristiwa tabung oksigen kosong yang viral beberapa waktu lalu.

Kesimpulan ini dinyatakan Ombudsman secara tertulis di dalam LAHP (Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan) yang diterima langsung Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

"Kami menemukan maladministrasi dalam kasus ini," kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar kepada wartawan, Jumat (11/6/2021).

Maladministrasi itu, lanjut Abyadi, terlihat saat pihak RSUD dr Pirngadi Medan tidak mengajukan uji kelayakan atau kalibrasi alat kesehatan jenis regulator tabung oksigen kepada BPFK (Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan) Medan.

"Kalibrasi untuk alat kesehatan diajukan, tapi tidak dengan regulator," ungkapnya.

Sementara, Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan pemanggilan kali ini menjadi pemanggilan kedua terkait fasilitas kesehatan di Kota Medan.

"Ini kedua kalinya saya datang ke Ombudsman dalam kurun waktu kurang dari empat bulan saya menjadi Wali Kota Medan. Ini menjadi catatan penting yang sangat besar bagi saya terhadap pelayanan medis di Kota Medan," ujar menantu Presiden Jokowi ini.

Sebelumnya, sebuah video pria marah-marah di ruangan pasien rumah sakit di kota Medan, viral di media sosial.

Dalam video yang dilihat kliik.id, Jumat (28/5/2021), terdengar pria tersebut menuding suster memberikan tabung oksigen kosong kepada pasien yang sedang sekarat.

"Tabung kosong ini, tabung kosong, gak ada tekanan," ujar pria perekam video.

Suara pria dalam video terdengar memarahi suster itu. Dia marah menilai suster tidak memeriksa tabung tersebut.

"ini suster, ini yang buat ini, ngak diperiksanya," ucap pria itu sembari mengarahkan video ke arah suster yang memakai masker tersebut.

Perekam kemudian meminta suster itu membuka masker. Perekam video terlihat sempat menyentuh wajah suster untuk membuka masker.

"Buka masker kau, buka, ngak usah malu kau," katanya.

Suster itu terlihat menolak membuka masker dan dia terlihat jatuh ke lantai.

"Ini nyawa mamakku, bisa kalian ganti?," kata pria perekam video lagi.

Informasi yang dihimpun, peristiwa itu terjadi pada Rabu (26/5/2021) malam, di RS Pirngadi, Medan.

Awalnya pasien dalam keadaan kritis dibawa ke ruang ICU tapi didalam ruangan terdapat tabung oksigen yang diduga kosong. Tabung oksigen sempat dipasangkan, namun tidak ada tekanan. Pasien itu akhirnya meninggal. (Rls)
×
Berita Terbaru Update