Notification

×

Iklan

Iklan

Banner Iklan RSI

Wali Kota Tebingtinggi Tinjau Vaksinasi Massal Covid-19 untuk Lansia, Ini Pesannya

Kamis, 27 Mei 2021 | 14:19 WIB Last Updated 2021-05-27T12:31:10Z
Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan meninjau vaksinasi massal Covid-19 terhadap masyarakat lansia
MEDAN (Kliik.id) - Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan, meninjau langsung proses vaksinasi massal Covid-19 terhadap masyarakat Kota Tebingtinggi yang lanjut usia (lansia), di GOR Asber Nasution, Jalan Gunung Leuser, Kamis (27/5/2021).

Turut hadir, Kapolres Tebingtinggi AKBP Agus Sugiyarso, Kepala Dinas Kesehatan dr. Nanang Fitra Aulia, Kepala Dinas Kominfo Dedi Parulian Siagian dan Kepala BPBD Wahid Sitorus.

Kegiatan ini dilaksanakan TNI, Polri dan Pemerintah Kota Tebingtinggi dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19 sekaligus menyambut Hari Lanjut Usia Nasional yang jatuh pada tanggal 29 Mei.

Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan, memberikan apresiasi kepada Kapolda Sumatera Utara dan Kapolres Tebingtinggi yang telah serius bekerjasama dengan Pemerintah Kota dalam melaksanakan vaksinasi massal lansia secara gratis.

"Pertama, vaksinasi ini tidak bayar. Kedua, kalau ada arisan atau perkumpulan bisa melakukan vaksinasi dengan berbayar itu tak benar, karena vaksin dari pemerintah gratis untuk masyarakat. Ketiga, apabila nanti petugas menyatakan belum bisa divaksin, jangan paksakan tim medis, karena mungkin tensi, denyut jantung terlalu tinggi sehingga perlu observasi lebih lanjut," kata Umar.

Keempat, lanjut Umar, apabila ada penyakit agar disampaikan. Kelima, kalau sudah divaksin jangan lupa nanti untuk vaksin ke 2, 28 hari lagi. Keenam, vaksin ini khusus untuk warga Kota Tebingtinggi.

Ketujuh, kalau ada gangguan selama proses vaksin ini berjalan dalam tempo 3 hari, laporkan ke Puskesmas terdekat atau RS Kumpulan Pane, RS Bhayangkari atau RS Sri Pamela.

"Tapi Insyaallah vaksin ini aman, kami memantau terus dari kesehatan bapak dan ibu sekalian," ucap Umar.

Terakhir, Umar menghimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan walaupun sudah melakukan vaksinasi Covid-19.

"Jangan dibuka masker. Protokol kesehatan tetap jaga. Ini adalah upaya kita untuk memutus Virus Corona. Berdoa kita kepada Allah SWT semoga ini lancar, terhindar dari Covid-19," tutup Umar.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr. Nanang Fitra Aulia, menyampaikan bahwa pihaknya tetap memantau kondisi lansia pasca vaksinasi dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

"Dinas Kesehatan akan tetap memantau kondisi lansia yang sudah divaksin pasca vaksinasi ini. Kami sangat berharap tetap melaksanakan protokol kesehatan. Vaksin ke-2, 28 hari setelah vaksin pertama. Semoga Kota Tebingtinggi terbebas dari Covid-19. Kami berterimakasih kepada lansia Kota Tebingtinggi yang partisipasi nya cukup tinggi," tutup Nanang.

Hal senada juga disampaikan Kapolres AKBP Agus Sugiyarso, mewakili Kapolda, agar tetap menjaga protokol kesehatan dan apabila ada hal yang ingin ditanyakan agar dikoordinasikan dengan baik.

"Tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, tertib menjaga jarak dan hindari kerumunan. Kami petugas dari Kepolisian siap membantu dalam hal pelaksanaan," kata Agus.

Pelaksanaan vaksinasi lansia di hari pertama untuk Kecamatan Tebingtinggi Kota, Kecamatan Padang Hulu dan Kecamatan Bajenis.

Vaksinasi dilanjutkan pada Jumat 28 Mei 2021 untuk Kecamatan Padang Hilir dan Kecamatan Rambutan, dengan target vaksinasi 1.000 orang lansia se-Kota Tebingtinggi. (Rls)
×
Berita Terbaru Update