Notification

×

Iklan

Iklan

Banner Iklan Lekkers

Sofyan Tan: Pembentukan Desa Wisata di Danau Toba Jadi Prioritas

Minggu, 02 Mei 2021 | 16:20 WIB Last Updated 2021-05-02T14:37:00Z
Anggota Komisi X DPR RI Sofyan Tan
SAMOSIR (Kliik.id) - Anggota Komisi X DPR RI Sofyan Tan menyebutkan kelompok Desa Wisata menjadi prioritas dan sasaran utama untuk dikembangkan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, karena 65 persen wisatawan ingin melihat budaya lokal secara langsung.

"Kelompok-kelompok sadar wisata (Pokdarwis) menjadi sasaran dan arah kita karena di kepariwisataan akan kembali ke alam dan budaya yang asri ditemukan di pedesaan. Dan kita akan dorong untuk mengembangkan dan membentuk desa-desa wisata," ujar Sofyan Tan didampingi Kepala Dinas Pariwisata Samosir Dumosch Pandiangan, dalam rilis yang diterima, Minggu (2/5/2021).

Politisi PDIP ini mengatakan pembentukan Desa Wisata menjadi prioritas agar para turis yang berkunjung ke Danau Toba bisa menikmati keindahan alam secara alami, dapat melihat budaya lokal secara langsung dan bisa tinggal di home stay di desa yang dikelola masyarakat sendiri, sehingga para wisatawan tidak hanya tinggal di hotel, namun dapat berbaur dengan masyarakat.

"65 persen, keinginan turis mancanegara ke salah satu tujuan destinasi wisata, karena hendak melihat budaya secara langsung, mengenal kehidupan masyarakat sekitar. Jadi desa wisata merupakan sasarannya dan menjadi prioritas kita," ujar Sofyan Tan yang membidangi Pendidikan, Budaya, Perpustakaan dan Pariwisata ini.

Menurut Sofyan Tan, pembentukan desa-desa wisata di Kawasan Danau Toba akan diprioritas. Dia akan mendorong para pemangku kepentingan untuk memberikan pendidikan, pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku wisata hingga terbentuk kelompok pariwisata di desa-desa yang sadar wisata.

"Filosofi dan salah satu budaya lokal masyarakat kawasan Danau Toba 'tamu adalah raja' dan juga satu prinsip. Nah, kalau dianggap sebagai raja, tentu akan mendapatkan pelayanan dan servis yang baik. Kalau ini dijalankan maka Danau Toba akan menjadi daerah destinasi yang menggiurkan ke depan, tentu dengan dukungan desa-desa wisata," katanya. (AS)
×
Berita Terbaru Update