Notification

×

Iklan

Iklan

Banner Iklan Lekkers

Misteri Jack Ma Menghilang 2 Bulan Terkuak

Rabu, 06 Januari 2021 | 17:32 WIB Last Updated 2021-01-06T11:28:18Z
Jack Ma. Foto: Getty Images
JAKARTA (Kliik.id) - Jack Ma masih lenyap dari pandangan publik selama sekitar 2 bulan, dari sekitar Oktober silam saat dia mengkritik sistem keuangan China sampai saat ini. Banyak spekulasi liar bermunculan, namun menurut sumber, saat ini dia dalam keadaan baik-baik saja.

Menurut jurnalis CNBC International David Faber dengan mengutip sumber anonim, pendiri Alibaba ini tidak menghilang, hanya berusaha menghindari sorotan publik, seperti dikutip dari CNBC International, Rabu (6/1/2020).

"Dia tidak tampil di publik dengan tujuan tertentu dan diperkirakan akan seperti itu hingga beberapa waktu ke depan," ujar David Faber.

Menurut David Faber, ada kemungkinan saat ini Jack Ma berada di Hangzhou, kota tempat kantor pusat Alibaba Group. Jack Ma juga tidak ditangkap atau ditahan oleh pemerintah China seperti yang didesas-desuskan netizen.

Kabar tersebut sesuai dengan pendapat beberapa pengamat yang yakin Jack Ma tidak ditahan, melainkan ia tidak ingin kena sorotan publik di tengah kasus yang menimpa dua perusahaannya, Ant Financial serta Alibaba.

"Tidak ada bukti bahwa Jack Ma telah ditahan dan mereka sungguh tidak punya alasan untuk menahannya," kata Jeffrey Halley, analis pasar di biro riset Oanda.

Ia menilai saat ini Jack Ma diminta bungkam dan tidak bersuara dulu di depan publik.

"Jack Ma mungkin suka rela memilih sangat low profile dulu sembari dia membiarkan orang-orang yang bekerja dengannya, bekerja dengan regulator untuk mencapai kesimpulan yang bisa diterima," tambahnya.

Pendapat senada disampaikan oleh Martin Chorzhempa dari Peterson Institute for International Economics, bahwa Jack Ma tidak akan tampil dulu.

"Anda tidak ingin berada di pandangan publik ketika perusahaan Anda berada dalam situasi politik yang sangat kompleks," kata dia. (Detik)
×
Berita Terbaru Update